UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE STUDENT TEAM ACHIVMENT DEVISION (STAD) MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ATHFAL GUNUNG AGUNG KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Ahnina, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE STUDENT TEAM ACHIVMENT DEVISION (STAD) MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ATHFAL GUNUNG AGUNG KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHNINA_58470217__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama : Ahnina Nim : 58470217 UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE SUDENT TEAN ACHIVMENT DEVISION ( STAD ) MATERI BILANGAN BILANGAN PECAHAN KELAS IV MADRASH IBTIDAIYAH MIFTAKHUL ATHFAL GUNUNG AGUNG KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL Pemasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah pembelajaran Kooperatif Tife STAD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika di MI Miftakhul Athfal Gunung Agung Bumijawa. tujuan dari penelitian ini adalah usaha untuk mengatasi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika melalui pembelajaran Kooperatif Tife STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilakukan sebanyak dua siklus atau putaran. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas IV di MI Miftakhul Athfal Gunung Agung. Data yang diperoleh berupa hasil uji kompetensi, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis di dapat bahwa prestasi belajar siswa-siswi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II Yaitu siklus I nilai anak yang berprestasi rendah 60%, yang sedang 15% sedangkan yang berprestasi tinggi ada 10%,siklus II siswa berprestasi rendah 22,5%,siswa yang berprestasi sedang 17,5% sedangkan siswa yang berprestasi tinggi 45%.Karena sudah memenuhi target yang diharapkan maka proses penelitian dihentikan pada siklus kedua. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa metode Kooperativ Tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bilangan pecahan.Keaktifan dan partisipasi siswa dari siklus ke siklus meningkat, kemampuan guru dari siklus ke siklus juga meningkat. Oleh karena itu dalam pembelajaran soal matematika materi bilangan pecahan guru disarankan untuk menggunakan metode kooperativ tipe STAD. Kata Kunci : Peningkatan Prestasi ,Matematika , Kooperatif Learning Tife STAD

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:31
Last Modified: 06 Jun 2017 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item