PENERAPAN PERMAINAN LONCAT BILANGAN PRIMA UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MENENTUKAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI PUI CIWEDUS 2 DESA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN

Asep Samsul Maarif, (2012) PENERAPAN PERMAINAN LONCAT BILANGAN PRIMA UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MENENTUKAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI PUI CIWEDUS 2 DESA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ASEP SAMSUL MAARIF_58471344___ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Asep Samsul Maarif (NIM. 58471344). PENERAPAN PERMAINAN LONCAT BILANGAN PRIMA UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MENENTUKAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI PUI CIWEDUS 2 DESA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN. Selama ini, proses pembelajaran di MI PUI Ciwedus 2 Timbang hanya bersifat informatif atau hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa saja sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika masih kurang sehngga prestasi belajar siswa pun rendah. Tujuan dari penelitian berbasis PTK ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan penerapan permainan loncat bilangan prima pada mata pelajaran matematika: 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan permainan loncat bilangan prima dalam pembelajaran matematika: 3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa pada materi pokok Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Pada dasarnya alat peraga adalah alat bantu pendidikan artinya alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran. Penggunaan alat peraga akan mempermudah siswa dalam merumuskan atau menggolongkan konsep permainan loncat bilangan prima. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) artinya penelitian yang dilakukan oleh di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi sendiri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat (IGAK Warani, dkk. 2007 : 1.4). Berdasarkan hasil tes pada penerapan permainan loncat bilangan prima dalam upaya meningkatkan kemampuan menentukan FPB di kelas IV, terlihat dari analisis kenaikan rata-rata hasil tes siswa pada siklus I sebesar 69,8, siklus II sebesar 73,2 dan siklus III sebesar 85,1. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan permainan loncat bilangan prima pada siswa kelas IV MI PUI Ciwedus 2 Timbang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam menentukan FPB. Kata kunci: permainan loncat bilangan prima, meningkatkan kemampuan belajar, Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:44
Last Modified: 06 Jun 2017 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item