UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI READING DI KELAS V SDN I SIRNABAYA KEC. GUNUNG JATI KAB. CIREBON

Ayu Retno Wijayanti, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI READING DI KELAS V SDN I SIRNABAYA KEC. GUNUNG JATI KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AYU RETNO WIJAYANTI_58471292__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ayu Retno Wijayanti. Nim 58471292. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI READING DI KELAS V SD NEGERI 1 SIRNABAYA”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Pembelajaran Bahasa Inggris memiliki ruang lingkup kemampuan berbahsa meliputi 4 aspek yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pembelajaran membaca di Sekolah Dasar merupakan bagian penting dalam pembelajaran bahasa tanpa terkecuali Bahasa Inggris, dengan membaca maka akan diperoleh pemahaman dari pemahaman tersebut akan mempermudah siswa dalam menjawab soal. Kegiatan membaca di kelas V SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon masih belum optimal hal ini dikarenakan siswa kurang berminat dan tertarik terhadap pelajaran Bahasa Inggris dan menganggap bahwa pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sukar dan sulit dipahami. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara meningkatkan minat siswa dalam membaca. Pembelajarannya difokuskan pada kegiatan membaca teks sederhana Bahasa Inggris dengan menggunakan media audio visual. Agar proses pembelajaran membaca dapat berjalan dengan baik maka seorang guru alangkah baiknya apabila mampu memilih dan menggunakan media yang tepat dalam proses pembelajarannya. Sedangkan media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media audio visual yang merupakan suatu media pembelajaran yang menggabungkan antara pendengaran dan penglihatan. Dengan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran membaca pada mata pelajaran Bahasa Inggris diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara memuaskan. Penelitian Tindakan Kelas ini mengacu pada model penelitian Kurt Lewwin yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian berjumlah 17 orang siswa kelas V. Penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat presentasi keberhasilan hasil belajar dan aktivitas membaca siswa. Pada siklus I mendapat presentasi keberhasilan sebanyak 35,29% dan 17,65% minat membaca tinggi. Siklus II presentasi keberhasilan meningkat sebanyak 88,23% dan 41,18% minat membaca tinggi. Siklus III presentasi keberhasilan meningkat sangat pesat sebanyak 100% dan 88,23% minat membaca tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:49
Last Modified: 06 Jun 2017 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item