UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV MI HIDAYATUS SHIBYAN KABUPATEN CIREBON

Bakhrul Ulum, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV MI HIDAYATUS SHIBYAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BAKHRUL ULUM_58471422__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bakhrul Ulum ( NIM. 58471422) “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Kerangka Manusia Melalui Media Gambar Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas IV MI Hidayatus Shibyan Kabupaten Cirebon”. Pemilihan media gambar ini disesuaikan dengan materi pokok yang akan diajarkan yaitu kerangka manusia karena sangat sulit untuk mengidentitifikasi tulang, tulang rangka manusia yang letaknya ada di dalam. Pembelajaran IPA akan menjadi menarik jika dilakukan dengan menngunakan media pembelajaran, Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV di MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon tentang kerangka manusia. Pada dasarnya media gambar adalah alat bantu pendidikan artinya alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran. Penggunaan media gambar akan mempermudah siswa dalam menggolongkan kerangka manusia Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), artinya penelitian yang dilakukan didalam kelas. Dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan media gambar kerangka manusia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Hal ini ditunjukkan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa, pada pra tindakan (59) siklus I (68) siklus II (89). Tanggapan siswa sangat mendukung pada pembelajara IPA dengan memanfaatkan media gambar. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : Pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran mengalami peningkatan dan siswa sangat senang dalam pembelajaran menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:52
Last Modified: 07 Jun 2017 04:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item