Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Garam(Studi Kausal Pada Petani Garam Desa Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon)

Abdul Hayyi, (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Garam(Studi Kausal Pada Petani Garam Desa Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL HAYYI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendapatan usaha tani garam tradisional sangat beragam. Jumlah pendapatan petani garam dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Pendapatan petani garam di Desa Astanamukti masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan petani garam di Desa Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Faktor-faktor tersebut anatara lain: Produktivitas, Modal, Pemasaran dan Kualitas Produk. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan dokumentasi dengan pihak-pihak yang terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random sampling dengan jumlah responden 53 Petani Garam. Data primer yang olah dengan menggunakan uji instrumen data, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t dan uji f. Dari hasil uji regresi secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari produktivitas terhadap pendapatan, hal ini dikarenakan > yaitu (2,492 > 1,675). Variabel modal juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan dikarenakan > sebesar (5,159 > 1,675). Untuk variabel pemasaran juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan karena > yaitu (1,822 > 1,675). Sedangkan variabel kualitas produk memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan disebabkan oleh yang bernilai negatif (-2,793 < 1,675), dengan nilai signifikasi 0,007 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dari hasil uji secara simultan, variabel produktivitas, modal, pemasaran dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan usaha tani garam. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa > , yaitu 77,72 > 2,57 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pendapatan, Produktivitas, Modal, Pemasaran, dan Kualitas Produk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:34
Last Modified: 12 Jun 2017 03:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item