PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATERI SHOLAT DI KELAS II MI NU AL-QUR’ANIYAH DESA DUKUHJATI KEC. KRANGKENG. KAB. INDRAMAYU

DEWI MIZYATI, (2012) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATERI SHOLAT DI KELAS II MI NU AL-QUR’ANIYAH DESA DUKUHJATI KEC. KRANGKENG. KAB. INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI MIZYATI_58471296__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DEWI MIZYATI. NIM 58471296. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Materi Shalat di Kelas II MIS NU Al- Qur’aniyah Desa Dukuhjati Kec.Krangkeng Kab.Indramayu” Fiqih disebut dengan ilmu atau pengetahuan karena fiqih memang sebuah ilmu atau pengetahuan. Dengan pengertian ilmu berarti fiqih bukan agama, namun fiqih terkait dengan agama. Dapat dikatakan bahwa fiqih adalah salah satu ilmu agama, selain dari teologi (ilmu tauhid) dan tasawuf (ilmu akhlak islami). Di kelas II MIS NU Al- Qur’aniyah Desa Dukuhjati Kec.Krangkeng Kab.Indramayu selama ini belum optimalnya pembelajaran shalat karena di latar belakangi oleh gaya mengajar guru yanag belum memanfaatkan kemampuannya yang kurang maksimal dan guru fiqih saat ini cenderung mengajar kurang bervariasi, media pembelajarpun sangat jarang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pelajaran fiqih materi shalat. Pembelajaran difokuskan agar tata cara shalat siswa lebih benar dan baik. Sholat adalah salah ssatu materi dari fiqih dan penting untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, karena sholat adalah salah satu dari rukun islam yang wajib dikerjakan bagi seluruh muslim. Agar proses pembelajaran shalat berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media audio visual berbentuk video. Video adalah media audio visual yang bisa dilihat dan didengar. Dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran shalat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media audio visual yang dilaksanakan di MIS NU Al-Qur’aniyah Desa Dukuhjati Kec.Krangkeng Kab. Indramayu dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas II (Dua). Penelitian ini berjumlah tiga siklus di desain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan sejumlah 75. Hasil penelitian ini di bagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat presentase keberhasilan dalam keterampilan yakni: siklus pertama mendapatkan presentase sebesar 37,5%. Sedangkan dalam siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 50%. Dan dalam siklus yang ketiga mengalami peningkatan yang sangat pesat yaitu 91,66%. Maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil dari penelitiian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa: 1. penggunaan media audio visual dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan keterampilan siswa. 2. Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:05
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item