PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIT (Keep In Touch) MATEMATIKA TANGKAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS IV SEMESTER II MI PUI CICALUNG KECAMATAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

FITRIYANTINA NURJANNAH, (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIT (Keep In Touch) MATEMATIKA TANGKAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS IV SEMESTER II MI PUI CICALUNG KECAMATAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRIYANTINA NURJANNAH_58471352__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

FITRIYANTINA NURJANNAH (58471352) : Penggunaan Media Pembelajaran KIT (Keep In Touch) Matematika Tangkas Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Bangun Datar dan Bangun Ruang Siswa Kelas IV Semester II MI PUI Cicalung Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Salah satu penyebab pelajaran matematika kurang disukai anak adalah pembelajaran matematika jarang menggunakan media / alat peraga Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika, guru harus mampu menggunakan media atau alat peraga yang bervariasi yang dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan dan siswa berkesan dengan pembelajaran yang telah disampaikan sehingga siswa akan lebih mengingat dan tidak mudah melupakan hal- hal yang dipelajarinya. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran dalam hal ini prestasi belajar, guru harus mampu memilih dan memanfaatkan alat peraga yang tepat, dalam hal ini, media pembelajaran KIT Matematika Tangkas dapat dijadikan alternatif untuk digunakan dalam berbagai materi matematika khususnya dalam materi bangun datar dan bangun ruang sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran kit matematika tangkas di kelas IV MI PUI Cicalung Kec. Maja Kab. Majalengka. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV MI PUI Cicalung Kec.Maja Kab. Majalengka yang berjumlah 22 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung dari tanggal 10 April s/d 10 Juni 2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian Penggunaan Media Pembelajaran Kit Matematika Tangkas di kelas IV MI PUI Cicalung Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran materi bangun datar dan bangun ruang, ini terlihat dari meningkatnya aktivitas siswa dari siklus I berjumlah 59% siswa rajin, 9% siswa tidak memperhatikan, 18% siswa ribut, dan 14% siswa malas dan pada siklus II yaitu 73% siswa rajin, 4% siswa tidak memperhatikan, 14% siswa ribut, dan 9% siswa malas, sedangkan pada siklus III 87% siswa rajin, 4% siswa tidak memperhatikan, 9% siswa ribut dan 0% atau tidak ada siswa yang malas. Dari pemaparan tersebut terlihat peningkatan siswa yang rajin dalam mengikuti proses pembelajaran dan adanya penurunan pada siswa yang tidak memperhatikan, siswa yang ribut, dan siswa yang malas. Penggunaan Media Pembelajaran Kit Matematika Tangkas pada kelas IV MI PUI Cicalung Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes awal yaitu 57,2 dan pada siklus I sebesar 59,5 dan meningkat menjadi 69,09 pada siklus II dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat berarti yaitu dengan nilai rata-rata siswa 77,2. Jadi penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:36
Last Modified: 06 Jun 2017 04:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item