PERAN GURU KELAS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI BIMA KOTA CIREBON

HILMI ROSADI, (2012) PERAN GURU KELAS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI BIMA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HILMI ROSADI_58471355___ok.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

HILMI ROSADI (58471355) “PERAN GURU KELAS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI BIMA KOTA CIREBON”. Guru kelas yang dijadikan beban mengajar di SD Negeri Bima Kota Cirebon bukan dari jurusan PGSD melainkan dari jurusan lain, sehingga ketidaktahuan guru dalam mengelola kelas yang sesuai diajarkan di PGSD, serta guru ketika mengajar tidak ada kreativitas untuk mengajar yang lebih baik, dan pembelajaran menitikberatkan pada LKS (Lembar Kerja Siswa). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui data tentang peran guru kelas kelas di SD Negeri Bima Kota Cirebon, untuk mengetahui data tentang peningkatan proses belajar mengajar di SD Negeri Bima Kota Cirebon dan untuk mengetahui data tentang hubungan peran guru kelas terhadap peningkatan proses belajar mengajar di SD Negeri Bima Kota Cirebon. Peran guru dalam proses pembelajaran antara lain guru sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, partisipan, ekspeditor, perencana, motivator, dan konselor. Proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberikan fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses dinamis dalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji deskripsi, uji validitas, uji realibilitas, uji persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji korelasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran guru kelas di SD Negeri Bima Kota Cirebon menunjukkan perolehan rata-rata sebesar 72.6% siswa menyatakan ya, 16.0% dengan katagori cukup itu terletak di antara rentang nilai 55% - 74% maka peran guru kelas dalam kegiatan belajar mengajar cukup baik yang dilakukan di SD Negeri Bima Kota Cirebon. Peningkatan proses belajar sebesar 76.45 dengan katagori Baik terletak pada rentang 75% - 100%. Ini membuktikan bahwa peningkatan proses belajar katagori Baik di SD Negeri Bima Kota Cirebon. Besarnya hubungan antara variable X dan Y sebesar 0,796 dengan katagori tinggi pada rentang 0.70-0.90. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara peran guru kelas dengan peningkatan proses belajar mengajar di SD Negeri Bima Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:45
Last Modified: 06 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item