UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III PADA MATERI PENGURANGAN DENGAN MEMINJAM MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU PADA SD NEGERI I SURANENGGALA KULON KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

ICEUK CUKHIDA, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III PADA MATERI PENGURANGAN DENGAN MEMINJAM MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU PADA SD NEGERI I SURANENGGALA KULON KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Iceuk Cukhida_58471301__ok.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ICEUK CUKHIDA. NIM 58471301. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III PADA MATERI PENGURANGAN DENGAN MEMINJAM MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU PADA SD NEGERI I SURANENGGALA KULON KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Jurusan PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012 Kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Selama ini mata pelajaran yang tidak disukai siswa adalah Matematika, kebanyakan siswa merasa bahwa matematika merupakan beban berat, yang akibatnya mereka kurang termotivasi dan menimbulkan kebosanan. Untuk itu guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menarik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan media pembelajaran, guru dituntut untuk kreatif dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran. Skripsi ini dilatar belakangi oleh temuan dilapangan dimana kondisi siswa kelas III SD Negeri I Suranenggala Kulon Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon memiliki karakteristik hasil belajar rendah. Hal tersebut di akibatkan kurangnya penerapan Media Pembelajaran selama proses pembelajaran dan akhirnya berdampak pada kemampuan dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Media Pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Peningkatan keaktifan siswa dengan menggunakan media gambar dan kartu, (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media gambar dan kartu, (3) pengaruh penerapan media gambar dan kartu terhadap kemampuan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri I Suranenggala Kulon kecamatan Suranenggala kabupaten Cirebon tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan (Planning), Tindakan (action), observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan media gambar dan kartu, (2) pada siklus I diperoleh peningkatan hasil pembelajaran siswa sebesar 61%, setelah diterapkan tindakan pada siklus II diperoleh peningkatan hasil pembelajaran siswa sebesar 29% sehingga pada tes akhir siklus II meningkat menjadi 90%. (3) Terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara penerapan media gambar dan kartu dengan kemampuan siswa dalam menghitung pengurangan dengan meminjam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:47
Last Modified: 06 Jun 2017 04:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item