UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATERI PART OF BODY KELAS IV SDN WARGABINANGUN KEC. KALIWEDI KAB. CIREBON

JAMIYAH KOMALASARI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATERI PART OF BODY KELAS IV SDN WARGABINANGUN KEC. KALIWEDI KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
JAMIYAH KOMALASARI_58471357__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

JAMIYAH KOMALASARI, Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Pembelajaran Aktif Melalui Media Gambar Pada Materi Part of Body Kelas IV SDN 1 Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 1 Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon masih memprihatinkan. Terkadang siswa kesulitan dalam mengucapkan kosa-kata, apalagi berbicara dengan baik di depan kelas. Sehingga diperlukan kreativitas guru untuk menemukan metode yang tepat agar siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, (b) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui media gambar, dan (c) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran aktif melalui media gambar. Dengan penerapan strategi pembelajaran aktif, maka seorang peserta didik akan selalu terlibat secara aktif dalam pembelajaran, sehingga dengan keaktifan ini, materi yang dijelaskan akan selalu diingat dalam pemikiran peserta didik dan konsep yang harus di kuasai peserta didik akan mudah diterimanya karena pembelajaran aktif adalah pendekatan dalam pembelajaran dimana peserta didik menguasai materi pelajaran yang di pelajarinya melalui membaca, menulis, berbicara, mendengar dan melakukan refleksi. Hal ini sesuai dengan prinsip learning by doing yang menyatakan bahwa pembelajaran akan cepat dikuasai peserta didik dengan peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya, yaitu : (a) observasi, digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa, (b) Wawancara, digunakan untuk mengetahui keadaan siswa pra siklus, (c) tes, digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan (d) Studi Pustaka, digunakan untuk mendapatkan data dari dokumen-dokumen yang diperlukan dalam penelitian. Hasil penelitian ini adalah, aktivitas peserta didik pada siklus I 53,4%, pada siklus II 71%, serta pada siklus III 79%. Nilai rata-rata dalam siklus I mencapai nilai 52,98 dan nilai rata-rata pada siklus II mencapai 57,14 serta nilai rata-rata pada siklus III mencapai nilai 61,31. Sedangkan nilai ketuntasan klasikal pada siklus I 28,57%, pada siklus II 42,85% dan pada siklus III 64,28%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:01
Last Modified: 06 Jun 2017 06:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item