PENGGUNAAN MODEL INQUIRY PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERPINDAHAN PANAS SECARA KONVEKSI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri 1 Dukuh Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon)

KHAFIATUL KHUZAEMAH, (2012) PENGGUNAAN MODEL INQUIRY PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERPINDAHAN PANAS SECARA KONVEKSI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri 1 Dukuh Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHAFIATUL KHUZAEMAH_58471308__ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

KHAFIATUL KHUZAEMAH, 2012, Penggunaan Model Inquiry Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Perpindahan Panas secara Konveksi di Kelas IV SD Negeri I Dukuh Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa kelas IV SD Negeri I Dukuh Kecamatan Kabupaten Cirebon, pada hasil nilai ulangan harian IPA tentang perpindahan panas secara konveksi, masih banyak siswa yang belum tuntas belajar, 15 dari 40 siswa nilainya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai KKM IPA kelas IV tahun ajaran 2011/2012 adalah 60. Siswa kelas IV juga memiliki karakteristik aktivitas yang pasif, yaitu siswa kurang komunikatif dengan guru dan teman sekelasnya. Selama pembelajaran IPA, keterlibatan siswa jarang di libatkan dalam praktikum. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang banyak melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas hasil dan ketuntasan belajar siswa. Salah satu model yang digunakan adalah model inkuiri pada pembelajaran IPA. Pengajaran berdasarkan inkuiri adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa di mana kelompok siswa inquiry kedalam suatu isu atau mencari jawabanjawaban terhadap isi pertanyaan melalui suatu prosedur yang digariskan secara jelas dan struktural kelompok. Tujuan dari dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji keberhasilan penerapan model inkuiri, pada proses pembelajaran IPA tentang perpindahan panas secara konveksi di kelas IV, SD Negeri I Dukuh. (2) Untuk mengkaji hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri I Dukuh pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang perpindahan panas secara konveksi. (3) seberapa besar pengaruh penggunaan inkuiri, dengan hasil dan ketuntasa belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang perpindahan panas secara konveksi di kelas IV SD Negeri I Dukuh. Peneliti ini dilakukan di kelas IV SD Negeri I Dukuh Keamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, semester genap tahun 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penilaian hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,70, siklus II 73,88, dan siklus III 76,50. (2) tingkat keaktifan siswa pada siklus I adalah 27,50%; pada siklus II 50,00%; dan pada siklus III tingkat keaktifan siswa meningkat menjadi 60,00%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:12
Last Modified: 06 Jun 2017 06:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item