MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP KESEBANGUNAN DAN SIMETRI PADA BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 3 Karangwangi Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon)

Layung Sari, (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP KESEBANGUNAN DAN SIMETRI PADA BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 3 Karangwangi Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LAYUNG SARI_58471362__OK.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Layung Sari. NIM 58471362. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP KESEBANGUNAN DAN SIMETRI PADA BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 3 Karangwangi Kecamatan Karang Wareng Kabupaten Cirebon). Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Dewasa ini proses pembelajaran matematika kurang menunjang terhadap kreatifitas dan kerjasama dalam melakukan pembelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa itu sendiri. Salah satu penyebabnya adalah guru masih terbiasa hanya memberikan teori tanpa strategi dalam pembelajaran. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah harus dibekali dengan strategi yang dapat bermakna bagi siswa, dengan pembelajaran yang bermakna siswa dapat mengingat dan memahami materi pembelajaran dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan strategi pembelajaran Cooperative. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe TPS (Think-Pair-Share) di kelas V SD Negeri 3 Karangwangi. Untuk mengkaji aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran Cooperative tipe TPS (Think-Pair-Share) di SD Negeri 3 Karangwangi. Tujuan pembelajaran Matematika diantaranya melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif, serta mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Sedangkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran Matematika diantaranya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 3 Karangwangi dengan jumlah 26 siswa. Analisis data meliputi data observasi dan data tes. Data observasi dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan data tes menggunakan rumus ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 60,5%, siklus II 72%, dan pada siklus III mencapai 88,25%. Nilai ratarata hasil belajar pada siklus I diperoleh 61,68, siklus II meningkat menjadi 71,42, dan pada siklus III mencapai 85,60. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe TPS (Think-Pair-Share) pada siswa kelas V SD Negeri 3 Karangwangi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam menggunakan konsep kesebangunan dan simetri pada bangun datar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:22
Last Modified: 06 Jun 2017 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item