UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KEC. SUMBER KAB. CIREBON

LULU AZMI FARIDAH, (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KEC. SUMBER KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LULU AZMI FARIDAH_07479141__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

LULU AZMI FARIDAH (07479141) : “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KEC. SUMBER KAB. CIREBON” Dalam Pembelajaran IPA sebenarnya banyak metode yang dapat diterapkan seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas dan lain-lain. Namun kenyataannya guru lebih banyak mengajar dengan menggunakan metode ceramah, sehingga guru lebih dominan sebagai nara sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji kemampuan siswa kelas IV MI Al-Washliyah Perbutulan kec. Sumber kab. Cirebon dalam pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya (2) Untuk mengkaji kemampuan berinquiry siswa kelas IV MI Al-Washliyah Perbutulan kec. Sumber kab. Cirebon dalam pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah menggunakan metode inquiry (3) untuk mengkaji hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV MI Al-Washliyah Perbutulan kec. Sumber kab. Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penelitian, serta hasil dari pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan media gambar dan metode inquiry. Motivasi yang menyebabkan siswa berkeinginan untuk melakukan kegiatan belajar dapat timbul dari dalam diri sendiri maupun dari luar luar diri. Melalui motivasi diharapkan siswa memiliki usaha untuk membangun kondisi, sehingga mereka memiliki keinginan dan minat untuk bersedia melakukan sesuatu. Media sebagai alat untuk pembelajaran, selalu memfasilitasi tugas pembelajaran yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur bagi peserta didik. Adapun subjek penelitian adalah kelas IV MI Al-Washliyah Perbutulan kec. Sumber kab. Cirebon dan instrument penelitian yang digunakan peneliti adalah tekhnik observasi, wawancara dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil nilai rata-rata sebesar 2,64 berdasarkan interpretasi standar nilai yang digunakan, maka nilai 88% dalam kategori baik, (2) Kemampuan siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya sudah dapat diterima dengan baik oleh siswa yang terlihat dalam observasi terstruktur. Dengan dilihat dari hasil nilai siswa berdasarkan standar nilai KKM ada peningkatan nilai yang diperoleh siswa yaitu siklus satu 71,08%, siklus dua 77,16. Dengan demikian pembelajaran membutuhkan metode, dengan menggunakan metode inquiry cukup efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode inquiry.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 01:42
Last Modified: 06 Jun 2017 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item