PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SDN 1 BALAD KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Markhamah, (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SDN 1 BALAD KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MARKHAMAH_58471365___ok.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Markhamah. NIM 58471365. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT -SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SDN 1 BALAD KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, J urusan PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Selama ini proses pembelajaran di SDN 1 Balad dalam pembelajaran guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pendapatnya serta kurang memberikan kesempatan untuk kerja kelompok, sehingga tidak banyak aktivitas dalam pembelajaran, pem belajaran masih bersifat hanya mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa saja yang akibatnya aktivitas belajar siswa bersifat monoton dan siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat serta peran peserta didik dalam proses pembelajaran akan membantunya dalam pemahaman materi. Sehubungan dengan hal terse but, maka perlu adanya perubahan dalam penerapan model pembelajaran yang lebih melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar sebagaimana yang diharapkan. Tujuan Penelitian berbasi s PTK ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran matematika; 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika ma teri mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar segitiga, persegi dan persegi panjang; 3) Untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Balad Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Balad Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yang ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui beberapa siklus dengan menggunakan tehnik pengumpulan data antara lain: tes, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 15 putri. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus menunjukkan, pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 60,75% dengan kategori cukup diikuti de ngan hasil belajar siswa mencapai rata -rata kelas 62,76, pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 77,75% atau dengan kategori baik dan nilai rata-rata kelas mencapai 72,07 dan pada siklus III rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 87,93% atau kategori sangat baik kemudian dengan nilai rata -rata kelas mencapai 85,17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Balad Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 01:46
Last Modified: 07 Jun 2017 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item