EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 2 SDN 3 Mulyasari Desa Mulyasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis)

MIA ZULTRIANTI SARI, (2012) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 2 SDN 3 Mulyasari Desa Mulyasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Mia Zultrianti Sari_58471314__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MIA ZULTRIANTI SARI : “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Penguasaan Kosakata.” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 2 SDN 3 Mulyasari. Desa Mulyasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis.) Bahasa besar sekali peranannya bagi proses berpikir seseorang. Dalam kehidupan berbahasa seseorang, kosakata berperan penting, dimana segala macam pengertian, ide, konsep, pikiran dan angan-angan kita lahirkan dengan bahasa. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang dapat digunakan secara luas dalam setiap aspek kehidupan, terutama untuk peserta didik. Perlu adanya penelitian yang tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai perubahan hasil belajar siswa dalam mempelajari kosa kata melalui penggunaan media flash card. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada penguasaan kosakata bahasa Inggris kelas II SD Negeri 3 Mulyasari, Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Hal yang mendasar dalam mempelajari bahasa Inggris adalah tentang penguasaan kosakata, maka seorang pengajar harus bisa memilih teknik pembelajaran yang tepat agar siswa tidak bosan dalam melaksanakan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa terhadap penguasaan kosakata yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Metodologi yang digunakan dalam memperoleh data mengenai peningkatan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan tes yang telah dilaksanakan, baik dalam pratindakan, tindakan siklus pertama, dan tindakan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Peningkatan tersebut terlihat dari perubahan rentang nilai, nilai rata-rata dan jumlah siswa yang berhasil melewati nilai KKM. Peningkatan terjadi pada perolehan hasil evaluasi, hasil perolehan rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar iv 6,04, setelah tindakan siklus pertama sebesar 8,09, dan setelah tindakan siklus kedua sebesar 9,15.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 01:50
Last Modified: 06 Jun 2017 06:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item