UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI MAHLUK HIDUP (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN 1 Penpen Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon)

NINA NOVIANA, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI MAHLUK HIDUP (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN 1 Penpen Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NINA NOVIANA_58471317___OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

NINA NOVIANA. NIM 58471317. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Materi Mahluk Hidup di Kelas IV SDN 1 Penpen Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.” Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai objek yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa madrasah ibtidaiyah atau sekolah dasar mengalami kesulitan dalam belajar IPA. Dalam pembelajaran IPA setiap konsep yang abstrak yang harus dipahami siswa perlu segera diberi penguatan, agar mengendap dan bertahan lama dalam memori siswa, sehingga akan melekat dalam pola pikir dan tindakannya. Untuk keperluan inilah, maka diperlukan adanya pembelajaran melalui perbuatan dan pengertian, karena hal ini akan mudah dilupakan siswa.Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi mahluk hidup pada kelas 4 Sekolah Dasar. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai kumpulan pengetahuan yang tersusun secara terbimbing. Agar proses pembelajaran IPA pada materi mahluk hidup berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Melalui model pembelajaran STAD ini siswa dapat belajar lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Penpen dengan subjek penelitian berjumlah 33 siswa kelas 4. Penelitian ini berjumlah tiga siklus di desain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dengan nilai KKM yang ditentukan adalah 66. Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat persentase keberhasilan dalam kemampuan siswa dalam mengerjakan tes disetiap akhir pembelajaran serta aktivitas siswa padasaat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yakni: siklus pertama siswa hanya memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 58.70, pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 71.40 dan pada siklus ketiga mengalami penigkatan juga menjadi 77.40, maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 66. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa model pembelajaran STAD dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 mengalami peningkatan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:07
Last Modified: 06 Jun 2017 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item