UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN DI KELAS IV B SDN 1 GETASAN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON

Putri Listiyani, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN DI KELAS IV B SDN 1 GETASAN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PUTRI LISTIYANI_58471322__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putri Listiyani. NIM 58471322. KUALITAS BUKU “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN DI KELAS IV B SDN 1 GETASAN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa materi bilangan bulat kelas IV B SDN 1 Getasan, ditunjukan dengan kurang aktif siswa, kurang mempunyai keberanian, dan guru dalam mengajar masih menggunakan media yg umum dalam pembelajaran matematika sehingga ank merasa jenuh dalam pembelajaran, maka dilaksanakan penelitian ini untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian terdiri dari dua bagian, yakni: pertama untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan dikelas IV B SDN 1 Getasan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Kedua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan dikelas IV B SDN 1 Getasan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV B SDN 1 Getasan yang berjumlah 29 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung mulai tanggal 05 April – 05 Juni 2012 dengan alokasi waktu 70 menit (2 jam pelajaran) setiap pertemuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan massing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tehnik pengamatan, wawancara dan observasi untuk kualitatif, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan mengunakan tehnik presentase. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Matematika pokok bahasan bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan di kelas IV B setelah tindakan dari siklus I memiliki ketuntasan belajar sebesar 69%. Pada siklus II ketuntasan belajar yang diperoleh sebesar 90%. Hasil observasi rata-rata aktivitas siswa setiap siklus mendapat kemajuan yang signifikan, yaitu 8,8 yang menjawab opsi Ya, rata-rata 1,2 yang menjawab Tidak pada siklus I dan 9,6 yang menjawab Ya, rata-rata 0,4 yang menjawab Tidak pda siklus II. Dan hasil wawancara dengan siswa kelas IV B SDN 1 Getasan mengalami peningkatan, dimana awalnya siswa merasa kesulitan dan tidak menyukai matematika dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Tetapi setelah menggunakan media garis bilangan siswa merasa antusias mengikuti proses pembelajaran materi bilangan bulat dan sejak saat itu mereka menyukai matematika karena menurut mereka matematika bukan lagi pelajaran yang membosankan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:23
Last Modified: 07 Jun 2017 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item