PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN ROMAWI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 1 Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon)

Siti Alfiyah, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN ROMAWI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 1 Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI ALFIYAH_58471378__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Alfiyah :Penerapan Model Pembelajaran Cooperative NHT (Numbered Heads Together) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Romawi Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon”. Kegiatan pembelajaran Matematika dewasa ini kurang menunjang terhadap kreatifitas dan kerjasama siswa dalam melakukan pembelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar siswa itu sendiri. Salah satu penyebabnya adalah guru masih terbiasa hanya memberikan teorinya saja tanpa melakukan strategi-strategi dalam melakukan pembelajaran dikelas bersama siswa. Pembelajaran matematika ditingkat sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah harus dibekali dengan strategi yang dapat diminati siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, salah stunya dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Romawi Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon Dengan menerapkan model Pembelajaran Numbered Heads Together maka peserta didik akan selalu terlibat secara langsung dalam pembelajaran, sehingga dengan keterlibatan ini materi yang dibahas akan selalu teringat, hal ini sesuai dengan perinsip lerning by doing yang menyatakan bahwa pembelajaran akan cepat dikuasai peserta didik dengan peserta didik tersebut ikut aktif dalam pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri I Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data adalah dengan menggunakan data teoritik yaitu dengan pengambilan data yang dilakukan dari buku-buku keperpustakaan dengan masalah yang diteliti dan data empirik yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian secara langsung, metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes, analisi data yang digunakan yaitu dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar Matematika kelas IV melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative NHT (Numbered Heads Together), dapat dilihat dari hasil observasi dari tiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas siswa rata-ratanya baru mencapai 51,67. Pada siklus II menjadi 75, pada siklus III naik mencapai rata-rata 96,67. Adapun hasil tes rata-rata nilai hasil belajar kelompok pada siklus I 57,5. Pada siklus IIrata-ratanya menjadi 79,17. Kemudian pada siklus III mencapai 95,83. Sedangkan nilai tes individu Pada siklus I rata-rata nilai kelas mencapai 53,67. Pada siklus II rata-rata nilai kelas 71,17. Pada siklus III nilai rata-rata kelas menjadi 87,67. Hal ini berarti adanya pengaruh penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Romawi Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Karangwangun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:37
Last Modified: 07 Jun 2017 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item