UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN INTRODUCTION SISWA KELAS IV MI AL-IKHWAN BAKUNG LOR KECAMATAN JAMBLANG KABUPATEN CIREBON

SUNARTI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN INTRODUCTION SISWA KELAS IV MI AL-IKHWAN BAKUNG LOR KECAMATAN JAMBLANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUNARTI_58471380___ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SUNARTI. NIM 58471380. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Kemampuan Berbicara Melalui Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Introduction Siswa Kelas IV MI Al- Ikhwan Bakung Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Pembelajaran bahasa Inggris di MI Al-Ikhwan Bakung Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon masih memprihatinkan. Terkadang siswa kesulitan dalam mengucapkan kosa-kata, apalagi berbicara dengan baik di depan kelas. Sehingga diperlukan kreativitas guru untuk menemukan metode yang tepat agar siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Introduction, (b) untuk mengetahui aktivitas dan kemampuan aspek berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui metode Cooperative Script pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Introduction, dan (c) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Introduction setelah menggunakan metode Cooperative Script. Dengan menerapkan strategi pembelajaran melalui metode Cooperative Script, maka seorang peserta didik akan selalu terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Dengan keterlibatan ini materi yang akan dibahas akan selalu teringat dalam pemikirannya dan kemampuan untuk mendengarkan bahasa Inggris peserta didik akan lebih mudah diterimanya. Hal ini sesuai dengan prinsip learning by doing yang menyatakan bahwa pembelajaran akan cepat dikuasai peserta didik dengan peserta didik tersebut ikut aktif dalam pembelajaran. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya, yaitu : (a) angket digunakan untuk mengetahui penerapan metode cooperative script, (b) observasi, digunakan untuk mengetahui aktivitas dan kemampuan berbicara siswa, dan (c) tes, digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah, rata-rata siswa yang sangat setuju terhadap penerapan metode Cooperative Script terdapat 69% dan rata-rata siswa yang setuju terdapat 31%. Hal ini berarti penerapan metode Cooperative Script disetujui bahkan sangat disetujui oleh siswa. Aktivitas siswa pada siklus I 60,93%, siklus II 73,44% dan siklus III 87,5%. Berarti aktivitas siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, Kemampuan berbicara pada siklus I 53,75%, siklus II 63,33%, dan siklus III 75%. Berarti kemampuan berbicara juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata dan nilai ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58 dan nilai ketuntasan klasikalnya 50%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 60 dan nilai ketuntasan klasikalnya 65%, serta pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 67,5 dan nilai ketuntasan klasikalnya 90%. Berarti dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai nilai ketuntasan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:51
Last Modified: 07 Jun 2017 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item