PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI ALTERNATIF MELALUI MEDIA ALAT PERAGA SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN SAINS BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL WASHLIYAH PERBUTULAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

SYARIF HIDAYAT, (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI ALTERNATIF MELALUI MEDIA ALAT PERAGA SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN SAINS BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL WASHLIYAH PERBUTULAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
syarif hidayat_58471382__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SYARIF HIDAYAT (NIM 58471382) Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Alternatif Melalui Media Alat Peraga Sederhana Pada Mata Pelajaran Sains Bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Perbutulan kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penerapan media yang digunakan guru belum maksimal, sehingga lemahnya pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengajaran guru bidang studi Sains kelas IV di MI Al Washliyah Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, meningkatkan pemahaman konsep melalui media alat peraga sederhana di MI Al Washliyah Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Pada dasarnya alat peraga adalah alat bantu pendidikan artinya alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran. Penggunaan alat peraga akan mempermudah siswa dalam pemahaman konsep. Sehingga guru sangat penting dalam meningkatkan pemahaman konsep terhadap suatu materi melalui media alat peraga, untuk memberikan yang terbaik anak didiknya dalam pelaksanaan belajar di kelas dan bisa lebih aktif dan kreatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas artinya penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat di dalam kelas melalui refleksi dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat dan lebih maksimal. Berdasarkan hasil tes pada penerapan media alat peraga sederhana dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang energi alternatif di kelas IV, terlihat dari analisis kenaikan rata-rata hasil tes siswa pada siklus I sebesar 69,3, siklus II sebesar 74,4. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan media alat peraga sederhana pada siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memahami pemahaman konsep. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran sangat mendorong untuk mengingat pemahaman siswa. Dalam hal ini penerapan media alat peraga sederhana dapat memudahkan pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:59
Last Modified: 07 Jun 2017 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item