UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BIDANG DATAR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS 4 SDN 3 PABUARANWETAN KECAMATAN PABUARAN KABUPATEN CIREBON

YETI ERNAWATI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BIDANG DATAR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS 4 SDN 3 PABUARANWETAN KECAMATAN PABUARAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YETI ERNAWATI_58471335__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

YETI ERNAWATI. NIM 58471335. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BIDANG DATAR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS 4 SDN 3 PABUARANWETAN KECAMATAN PABUARAN KABUPATEN CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Jurusan PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012 Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai objek yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa madrasah ibtidaiyah atau sekolah dasar mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Dalam pembelajaran matematika setiap konsep yang abstrak yang harus dipahami siswa perlu segera diberi penguatan, agar mengendap dan bertahan lama dalam memori siswa, sehingga akan melakat dalam pola pikir dan tindakannya. Untuk keperluan inilah, maka diperlukan adanya pembelajaran melalui perbuatan dan pengertian, tidak hanya sekedar hafalan atau fakta saja, karena hal ini akan mudah dilupakan siswa. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi luas bidang datar pada kelas 4 Sekolah Dasar. Agar proses pembelajaran matematika materi luas bidang datar berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing adalah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak meperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui peberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Dengan menggunakan metode penemuan terbimbing pada materi luas bidang datar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Metode penemuan terbimbing yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Pabuaranwetan dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa kelas IV(Empat). Penelitian ini berjumlah tiga siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan sejumlah 59. Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat persentase keberhasilan dalam kemampuan siswa dalam mengejakan post tes disetiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yakni: siklus pertama siswa hanya memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 58.70, pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 71.40 dan pada siklus ketiga mengalami penigkatan juga menjadi 77.40. Maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:04
Last Modified: 07 Jun 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item