UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH DI KELAS IV SDN WANGUK II KEC.ANJATAN INDRAMAYU

Yogie Parasamya Nugraha, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH DI KELAS IV SDN WANGUK II KEC.ANJATAN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YOGIE PARASAMYA NUGRAHA_58471336__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yogie Parasamya Nugraha. NIM 58471336. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH KELAS DI IV SDN WANGUK II KEC.ANJATAN KAB.INDRAMAYU”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Pendidikan Agama Islam adalah disiplin ilmu yang mempunyai karakteristik dan tujuan berbeda dari disiplin ilmu yang lain. Salah satu materi penting dalam PAI adalah Membaca dan Menulis Huruf Al-Qur’an permulaan. Di kelas IV SD Negeri Wanguk II Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu selama ini belum optimal karena dilatarbelakangi oleh kenyataan siswa yang belum memahami cara membaca Al-Qur’an dengan baik, disamping itu juga guru belum mempunyai kreativitas dalam menyampaikan sebuah materi dengan baik Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembelajaran difokuskan pada materi Membaca dan Menuli Huruf Al- Qur’an Permulaan. Agar proses pembelajaran Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur’an Permulaan berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Berbasis Flash. Multimedia Berbasis Flash adalah media yang paling sederhana dan menyenangkan dibandingkan dengan media yang lainya. Dengan menggunakan Multimedia Berbasis Flash dalam pembelajaran Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur’an Permulaan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Multimedia Berbasis Flash yang dilaksanakan di SD Negeri Wanguk II Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas IV(Empat). Penelitian ini berjumlah tiga siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan sejumlah 70 Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat persentase keberhasilan dalam kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an yakni: siklus pertama mendapatkan persentase sebesar 20%. Sedangkan dalam siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 55%. Dan dalam siklus yang ketiga mengalami peningkatan yang pesat yaitu 80%. Maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:07
Last Modified: 07 Jun 2017 03:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item