Peran Pondok Pesantren dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat(Studi Kewirausahaan Pondok Pesantren Alam Saung Balong Al-Barokah Majalengka)

Achmad Hasyim As’ari, (2015) Peran Pondok Pesantren dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat(Studi Kewirausahaan Pondok Pesantren Alam Saung Balong Al-Barokah Majalengka). Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
AHMAD HASYIM 2015.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Achmad Hasyim As’ari (1410220072). PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kewirausahaan Pondok Pesantren Alam Saung Balong Al-Barokah Majalengka) Sebagai lembaga multifaset, pondok pesantren memiliki beragam peran dan fungsi, salah satunya adalah sebagai pemelihara tradisi Islam dan reproduksi ulama. Pada masa ini pondok pesantren sedikit diragukan perannya sebagai lembaga yang berfokus kepada pengembangan sumber daya insani dikarenakan sebagian masyarakat berasumsi bahwa pondok pesantren dari tahun ketahun hanya mengkaji kitab kuning klasik dan kurang mengembangkan kompetensi untuk pemenuhan kesejahteraan secara finansial atau ekonomi dalam menghadapi dunia kerja. Dari latar belakang yang disebutkan terdapat beberapa pertanyaan, yaitu : Bagaimana peran pondok pesantren Alam Saung Balong Al-Barokah di masyarakat? Bagaimana peran kewirausahaan pondok pesantren Alam Saung Balong Al-Barokah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat? Serta Faktorfaktor yang mendukung dan menghambat pondok pesantren dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsi pondok pesantren alam saung balong Al-Barokah sebagai media transformasi ilmu, media rekayasa sosial, media dakwah dan kewirausahaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Metodologi penulisan dalam peneltian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang telah dialami oleh subyek peneliti, mendeskripsikannya dalam bentuk katakata dan bahasa, dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Adapun data yang diperoleh merupakan data langsung dari lapangan di pondok pesantren alam saung balong Al-Barokah, Majalengka, seperti hasil wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pondok pesantren alam saung balong Al-Barokah, Majalengka memerankan fungsinya sebagai pondok pesantren, yaitu sebagai media transformasi ilmu, media kontrol dan rekayasa sosial serta sebagai media dakwah (madrasah bagi umat). Bidang kewirausahaan berperan aktif pada masyarakat sekitar terutama yang menjadi binaan, bukan hanya sebagai pemberian materi berupa teori dan pelatihan saja melainkan mampu memberikan peluang kerja dari unit-unit usaha yang ada di pesantren. Sehingga masyarakat bisa sejahtera secara ekonomi karena mampu memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier dengan jumlah pendapatannya, serta sejahtera dalam bermasyarakat karena ditopang oleh ilmu agama dan ilmu umum lainnya. Keyword : Pesantren, Kewirausahaan, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2016 09:21
Last Modified: 12 Jun 2017 03:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item