Pandangan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Pelelangan Barang (Studi kasus pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center)

Aliyah, (2015) Pandangan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Pelelangan Barang (Studi kasus pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ALIYAH 2015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pegadaian syariah sebagai salah satu lembaga keuangan yang dibutuhkan bagi masyarakat dalam hal pemberian jasa gadai kredit yang berdasarkan hukum Islam. Pada prakteknya dilapangan apakah sudah sesuai dengan ketentuanketentuan syariah. Maka perlu penelitian untuk menegaskan tuntutan tersebut, khususnya pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelelangan barang pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center, dan Bagaimanaimplementasi pelelangan barang pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Centerdalam hukum ekonomi Islam. Dengan tujuan untuk dapat mengetahui proses pelelangan barang pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center, dan untuk dapat mengetahui implementasi pelelangan barang pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisinis Centerdalam hukum ekonomi Islam. Metode dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatann empirik, dan menggunakan tehnik kualitatif deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa proses lelang yang dilakukan Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center berlaku bagi nasabah yang belum melakukan pelunasan sampai tanggal jatuh tempo dan sampai tanggal yang ditentukan nasabah tetap tidak melakukan pelunasan maupun perpanjangan kredit, maka pihak pegadaian syariah akan melelang barang jaminan tersebut. Penjualan lelang barang jaminan dilakukan dengan cara penjualan yang hanya dilakukan tawar menawar antara dua pihak (pihak pegadaian syariah dan masyarakat umum), dengan mengambil harga terdekat yang mendekati harga limit lelang. Berdasarkan data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan Ketentuan Umum Fatwa Dewan Syariah Nasional yang dapat dijadikan acuan dalam penjualan barang jaminan pada pegadaian syariah, yaitu Fatwa No: 25/DSN-MUI/III/2002 bagian kedua butir 5,menunjukkan bahwa implementasi pelelangan barang pada Unit Pegadaian Syariah Cirebon Bisnis Center telah sesuai dengan Hukum Ekonomi Islam. Dan dalam praktek penjualan lelang barang jaminan juga telah sesuai dengan rukun, syarat dan ketentuan umum jual beli. Kata Kunci: Pegadaian Syariah, Pelelangan, Hukum Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:27
Last Modified: 12 Jun 2017 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item