PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN INTELEGENSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon)

Anne Indriyuni, (2013) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN INTELEGENSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANNE INDRIYUNI_OK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Anne Indriyuni. NIM 59451010. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Intelegensi Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon). Skripsi Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Oktober 2013. Fasilitas belajar yang terpenuhi dapat menjadikan seorang siswa nyaman dan tenang serta termotivasi untuk belajar baik di sekolah maupun dirumah. Dalam proses belajar siswa, kedua intelegensi (IQ dan EQ) itu sangat diperlukan. IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa pertisipasi penghayatan emosional terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : a) memperoleh data tentang fasilitas belajar, b) memperoleh data tentang intelegensi siswa, c) memperoleh data tentang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, d) mengetahui besarnya pengaruh fasilitas belajar dan intelegensi siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Tujuan utama fasilitas belajar adalah seperangkat alat untuk menunjang keberhasilan siswa dalam merangsang kecenderungan intelegensi yang tinggi. Intelegensi/kecerdasan bersifat keturunan maupun hasil pengalaman. Semuanya dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, hasil psikotes dan tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon yang terdiri dari 7 kelas. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yakni randomisasi atau memilih 1 dari 7 kelas yang ada. Dari 7 kelas yang ada peneliti mengambil sampel yang diwakili oleh satu kelas, dan yang terpilih yaitu kelas 8E. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata fasilitas belajar sebesar 50.00% termasuk kategori sedang, rata-rata intelegensi siswa sebesar 65% termasuk kategori rendah dan rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika 39% termasuk kategori tinggi. Nilai ttabel < thitung atau 2.03 < 2.670 dan 6.501. Nilai Ftabel < Fhitung atau 4.14 < 21.997. Karena ttabel < thitung dan Ftabel < F hitung maka Ha diterima. Artinya bahwa ada pengaruh antara fasilitas belajar dan intelegensi siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,766 termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan koefisien determinasi (R square) sebesar 0.587 dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika 58.7% dipengaruhi atau ditentukan oleh fasilitas belajar dan intelegensi siswa, sedangkan sisanya 41.3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : fasilitas belajar, intelegensi siswa, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:21
Last Modified: 07 Jun 2017 04:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item