KORELASI KEMAMPUAN GEOMETRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON

DEDEH HERLINA TIARA, (2013) KORELASI KEMAMPUAN GEOMETRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEDEH HERLINA TIARA_58451011_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

DEDEH HERLINA TIARA : Korelasi Kemampuan Geometri dengan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon” Pembelajaran geometri merupakan hal yang sangat penting karena pembelajaran geometri sangat mendukung banyak topik lain, seperti vektor, dan kalkulus, dan mampu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Geometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang diberikan pada porsi yang cukup signifikan di tingkat sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan geometri dan kemampuan berpikir logis siswa kelas VIII di SMPN 7 Kota Cirebon. Selain itu untuk memperoleh data tentang hubungan antara kemampuan geometri siswa dengan kemampuan berpikir logisnya. Penelitian ini bertolak dari rumuan tujuan pembelajaran geometri yaitu (1) mengembangkan kemampuan berpikir logis, (2) mengembangkan intuisi spasial mengenai dunia nyata, (3) menanamkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk matematika lanjut, dan (4) mengajarkan cara membaca dan menginterpretasikan argumen matematika. Maka dalam penelitian ini difokuskan pada tujuan pembelajaran geometri dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 7 Kota Cirebon dan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 7 Kota Cirebon. Pengambilan sampel diperoleh dengan metode probability sampling, dalam hal ini menggunakan simple random sampling cara undian. Dari sembilan kelas yang ada, diperoleh kelas VIII-I (42 siswa) dan kelas VIII-G (40 siswa) sebagai sampel penelitian dan kelas VIII-H sebagai kelas untuk uji coba instrumen. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa korelasi (rxy) sebesar 0,712 merupakan korelasi positif, artinya jika kemampuan geometri baik maka kemampuan berpikir logis juga baik. Hal ini juga menunjukkan korelasi kemampuan geometri dengan kemampuan berpikir logis siswa berada pada korelasi atau hubungan yang kuat menurut Anas Sudijono. Koefisien penentu diperoleh sebesar 50,69 %, artinya sumbangan kemampuan geometri dalam menentukan kemampuan berpikir logis sebanyak 50,69 %, berlaku juga sebaliknya. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh juga nilai probabilitas 0,000 dan nilai alpha yang ditetapkan sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan geometri dengan kemampuan berpikir logis siswa kelas VIII di SMPN 7 Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:51
Last Modified: 07 Jun 2017 05:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item