ANALISIS PENGUASAAN MATERI PELUANG PADA MATEMATIKA DENGAN PEMAHAMAN TEORI GENETIKA (HUKUM MENDEL) SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 CILIMUS (Studi Kasus di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Cilimus)

DIAN HANA MUCHLISOH, (2012) ANALISIS PENGUASAAN MATERI PELUANG PADA MATEMATIKA DENGAN PEMAHAMAN TEORI GENETIKA (HUKUM MENDEL) SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 CILIMUS (Studi Kasus di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Cilimus). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIAN HANA MUCHLISOH_58450085_ok.pdf

Download (103MB) | Preview

Abstract

DIAN HANA MUCHLISOH. NIM 58450085. ANALISIS PENGUASAAN MATERI PELUANG PADA MATEMATIKA DENGAN PEMAHAMAN TEORI GENETIKA (HUKUM MENDEL) SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 CILIMUS (STUDI KASUS DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 CILIMUS). Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, November 2012. Perkembangan ilmu pengetahuan yang dari waktu ke waktu semakin berkembang, semakin terasa pula betapa pentingnya matematika dalam dunia ilmu pengetahuan. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terutama Biologi khususnya dalam mempelajari teori genetika (hukum Mendel), memiliki saling keterkaitan yang sangat erat satu sama lain. Oleh karena itu, karakteristik dari Matematika perlu diketahui oleh guru IPA khususnya Biologi dan sebaliknya karakteristik IPA Biologi perlu diketahui oleh guru Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penguasaan teori genetika bergantung pada penguasaan materi peluang siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Cilimus. Hipotesis yang diajukan yaitu penguasaan teori genetika (hukum Mendel) tidak saling bergantung pada penguasaan materi peluang pada matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Cilimus. Matematika sangat berperan dalam mata pelajaran lain contohnya biologi karena di dalam pengerjaannya atau penyelesaiannya terdapat penerapan konsep peluang. Oleh karena itu, tanpa kita sadari bahwa dalam kehidupan kita seharihari bahkan dalam hal pewarisan sifat pada makhluk hidup tidak terlepas dari matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2011/ 2012. Sampelnya dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling atau bisa juga dengan menggunakan teknik slovin dalam penelitian ini hal tersebut akan sama dengan cluster random sampling yaitu akan berjumlah 39 siswa yang akan menjadi sampel. Dlam penelitian ini yang terpilih menjadi sampel yaitu kelas XII IPA 2 yang berjumlah 39 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan observasi ke sekolah yang bersangkutan yaitu SMA Negeri 1 Cilimus. Setelah melakukan penelitian, kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Cilimus memiliki rata-rata dari nilai-nilai ulangan materi peluang yaitu 72 dengan predikat baik, sedangkan rata-rata dari nilai-nilai ulangan teori genetika yaitu 71,32 dengan predikat baik juga. Pada pengujian hipotesis independensi (test of independensi) dapat diketahui bahwa dengan taraf signifikan α = 0,05 atau 5% didapatkan nilai = 4,855 < = 9,488, maka Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara penguasaan materi peluang dengan penguasaan teori genetika tidak mempunyai hubungan atau tidak saling bergantung (saling bebas).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:14
Last Modified: 06 Jun 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item