PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP BELIEFS TENTANG MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA CIREBON

Diki Rijal Mufasir, (2012) PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP BELIEFS TENTANG MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIKI RIJAL MUFASIR_58451024_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Diki Rijal Mufasir. NIM 58451014. PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP BELIEFS TENTANG MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA CIREBON. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, November 2012. Prestasi belajar adalah tolak ukur seorang pendidik untuk melihat kemampuan siswanya. Nilai prestasi matematika tidak akan terlepas dari faktor lainnya, termasuk beliefs siswa tentang matematika. Sebagian siswa tidak terlihat adanya gairah untuk mengikuti pembelajaran matematika. Kesulitan dalam pembelajaran matematika menjadi momok yang sangat menakutkan, seakan tidak mempunyai beliefs tentang matematika. Kejadian tersebut menjadi dorongan untuk mengetahui adanya pengaruh prestasi belajar terhadap beliefs tentang matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji tingkat prestasi siswa (2) Mengkaji tingkat beliefs tentang matematika siswa (3) Mengkaji ada atau tidaknya pengaruh prestasi belajar terhadap beliefs tentang matematika siswa. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh prestasi belajar terhadap beliefs tentang matematika. Seorang siswa yang mempunyai motivasi akan mendapatkan minat belajar yang menimbulkan beliefs tentang matematika, sebaliknya seorang siswa yang motivasinya kurang akan mendapatkan kecemasan yang menimbulkan hilangnya beliefs tentang matematika tersebut. Populasi yang dijadikan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil acak dari beberapa wilayah. Setiap wilayah diambil secara acak sesuai area probability sampling, dengan ukuran sampel 15% dari jumlah siswa kelas VIII A sampai dengan VIII G. Penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu prestasi belajar siswa sebagai variabel bebas dan beliefs tentang matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pengambilan nilai tes semester dan tes kuesioner (angket). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon tergolong baik dengan nilai rata-rata tes sebesar 79,31. 2) Tingkat beliefs tentang matematika tergolong baik dengan nilai rata-rata tes sebesar 65,5. 3). Juga terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar siswa terhadap beliefs tentang matematika. Besarnya hasil dari pengaruh prestasi belajar siswa terhadap beliefs tentang matematika sebesar 95,6% dan 4,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi. Penelitian ini memperoleh persamaan regresi yaitu

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:20
Last Modified: 06 Jun 2017 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item