PENGARUH PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS BERUPA SOAL-SOAL TEST STANDAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON

Emha Ainun Najib, (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS BERUPA SOAL-SOAL TEST STANDAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EMHA AINUN NAJIB_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Emha Ainun Najib, NIM 59451012 : “Pengaruh Penerapan Pemberian Tugas Berupa Soal-soal Test Standar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MTs An-Nur Kota Cirebon”. SKRIPSI. CIREBON: fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri. Matematika sebagai sebuah ilmu dan bidang studi yang dipelajari disekolah memiliki peranan yang cukup besar. Maka peningkatan kualitas pendidikan terutama pendidikan matematika merupakan hal yang tidak dapat ditunda-tunda. Berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan tergantung pada proses pembelajaran yang dialami siswa, penguasaan siswa pada suatu konsep dipengaruhi oleh berbagai factor, salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah pemberian tugas. Hal ini dapat merangsangsang anak rajin, tekun dan giat belajar namun dalam kenyataanya siswa terkadang memiliki rasa keterpaksaan, rasa malas dan kurang berkembangnya sikap kemandirian pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pemberian tugas berupa soal-soal test standar, seberapa besar hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pemberian tugas berupa soal-soal test standar danapakah ada pengaruh penerapan pemberian tugas berupa soal-soal test standar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pemberian tugas terlebih dengan menggunakan soal-soal tes standar dapat merangsang siswa untuk aktif belajar baik secara individual maupun secara berkelompok. Oleh sebab itu dengan pemberian tugas berupa soal-soal tes standar diharapkan dapat meningkatkan aktivitas, minat serta motivasi siswa untuk belajar sehingga tercapainya hasil belajar yang diharapkan, sebab soal-soal dalam tes standar memenuhi syarat sebagai soal yang baik dan telah diuji-cobakan beberapa kali sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bermaksud membandingkan suatu akibat perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs An-Nur Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 98 siswa, teknik sampel dalam penelitian ini adalah purposife sampling, kelas yang terpilih adalah kelas VII B yang berjumlah 30 siswa, variabel penelitian adalah penerapan pemberian tugas berupa soal-soal test standar dan hasil belajar matematika siswa, data diperoleh dari hasil penyebaran angket dan tes hasil belajar, hasil dari data tersebut dianalisisa menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian tentang respon siswa dalam penerapan pemberian tugas berupa soal-soal test standar dalam mata pelajaran matematika tergolong dalam kategori baik dengan persentase sebesar 76,2%. Hasil belajar matematika siswa yang diukur melalui tes tergolong kategori sangat baik dengan persentase sebesar 82,5%. Pengaruh penerapan pemberian tugas berupa soal-soal test standarterhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 25%, sedangkan 75% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:44
Last Modified: 07 Jun 2017 06:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item