PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung)

Enung Nuriyah, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ENUNG NURIYAH (59451013)_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Enung Nuriyah: “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung)” Pemahaman konsep matematika siswa masih rendah karena sebagian besar siswa masih menganggap bahwa matematika berhubungan dengan menghapal rumus dan kecepatan berhitung, siswa kurang antusias menerima pelajaran karena guru masih menggunakan pembelajaran yang berpusat kepada guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar pemahaman konsep matematika meningkat adalah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) yang dikemas dalam bentuk permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH, untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Cirebon. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan bersikap, berpikir dan bertindak yang ditunjukkan oleh siswa dalam memahami definisi, pengertian, ciri khusus, hakikat dan inti/isi dari materi matematika dan kemampuan dalam memilih serta menggunakan prosedur secara efisien dan tepat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Cirebon tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 335 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan beberapa pertimbangan maka kelas VIII H dengan jumlah siswa 37 diambil sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa rata-rata persentase respon siswa terhadap penerapan model CRH termasuk dalam kategori kuat yaitu diperoleh skor rata-rata sebesar 73,351 dan pemahaman konsep matematika termasuk dalam kategori baik sekali yaitu diperoleh skor rata-rata sebesar 81,702. Berdasarkan uji statistik pada taraf signifikansi α = 0,050 diperoleh thitung = 7,213 dan ttabel = 2,030 hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria uji H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Cirebon yaitu sebesar 59,8% dan sisanya 40,2% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci : model kooperatif, Course Review Horay, pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:49
Last Modified: 07 Jun 2017 06:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item