PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GUIDED TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Kelas VIII di SMP Negeri 3 Majalengka

ERNA RAHMAWATI, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GUIDED TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Kelas VIII di SMP Negeri 3 Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ERNA RAHMAWATI_OK.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ERNA RAHMAWATI: “Pengaruh Penerapan Strategi Guided Teaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Majalengka” Pelaksanaan pembelajaran tidak terlepas dari perencanaan pembelajaran yang baik. Pemilihan metode dan strategi yang baik akan memberi kemudahan bagi Guru dalam menyajikan materi kepada siswa, serta akan menimbulkan ketertarikan siswa dalam belajar. Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif seorang guru harus merencanakan pendekatan, strategi, model, media, serta metode apa yang cocok dan semenarik mungkin yang memberikan dorongan, motivasi belajar, kebebasan siswa untuk aktif bergerak, berpendapat sehingga siswa betul-betul memahami isi materi yang diajarkan serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran matematika diantaranya adalah strategi Guided Teaching. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka. Dan jika ada, seberapa besar pengaruh penerapan strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka. Strategi Guided Teaching merupakan cara belajar di mana guru menyampaikan beberapa pertanyaan untuk membuka pikiran dan kemampuan yang siswa miliki, Kemudian siswa diberi waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan diskusi pada kelompok kecil. Dari hasil diskusi yang siswa lakukan di kelompok kecil, siswa menyampaikan hasil jawaban mereka dan hasilnya dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori yang nantinya akan guru sampaikan dalam pembelajaran. Selanjutnya guru menyampaikan pembelajaran yang sebenarnya melalui ceramah interaktif Dengan strategi pembelajaran ini yang menggabungkan berbagai macam metode pembelajaran diharapkan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada akhirnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Majalengka dimana berjumlah 328 siswa. Sementara untuk sampelnya diambil kelas VIII F yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis Regresi, Uji Kelinieran Regresi dan Uji Hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata dari hasil penyebaran angket respon siswa terhadap penerapan strategi Guided Teaching sebesar 85,86% yang berarti sangat kuat, begitupun rata-rata pada angket motivasi belajar sebesar 87,77%. Untuk pengaruh penerapan strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka sendiri diperoleh sebesar 61,6% dan sisanya 38,4% ditentukan oleh variabel lain. Dalam menguji hipotesis penulis menggunakan uji linier, dimana diperoleh persamaan regresinya yaitu Ŷ = 20,309 + 0,738X, yang berarti terdapat pengaruh yang positif penerapan strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 05:01
Last Modified: 07 Jun 2017 06:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item