PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP N 1 Losarang )

Fadillah, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP N 1 Losarang ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FADILLAH_59450983_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fadillah: “Pengaruh Penerapan Strategi Guided Note Taking yang Dipadukan dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Geometri Pada Pokok Bahasan Segiempat”. Rendahnya keterampilan siswa dalam memecahkan masalah merupakan salah satu persoalan yang masih banyak dihadapi oleh guru-guru di sekolah khususnya dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang belum bias menjawab soal-soal matematika yang diberikanoleh guru dan masih banyak dari meraka yang bingung dan kesulitan dalam mengidentifikasi masalah, merencanakan pemecahan masalah ,melaksanakan pemecahan masalah dan nmengevaluasi jawaban dari soal-soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penerapan strategi Guided Note Taking yang dipadukan dengan strategi Everyone Is A Teacher Here dalam proses pembelajaran matematika, untuk mengetahui keterampilan siswa dalam memecahkan masalah, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan strategi Guided Note Taking yang dipadukan dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap keterampilan pemecahan masalah geometri pada pokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1 Losarang. Strategi Guided Note Taking yang dipadukan dengan strategi Everyone Is A Teacher Here merupakan suatu strategi pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami materi pelajaran terutama pelajaran matematika sehingga membantu siswa dalam memahami masalah dan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study Design dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan kelas eksperimen dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 1 Losarang dengan sampel kelas VII D SMP N 1 Losarang yang berjumlah 43 siswa yang dipilih dengan cara Cluster random sampling. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh rata-rata pencapaian indikator angket sebesar 76,48. Keterampilan siswa dalam memecahkan masalah diperoleh rata-rata persentase pencapaian indicator sebesar 77,69%. Besarnya pengaruh penerapan strategi Guided Note Taking yang dipadukan dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap keterampilan siswa dalam memecahkan masalah geometri sebesar 53,9% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: “Perpaduan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dan strategi Everyone Is A Teacher Here, Keterampilan Pemecahan Masalah Geometri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:15
Last Modified: 07 Jun 2017 06:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item