PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII MTs INTIBAHUSYSYUBBAN UJUNGSEMI KABUPATEN CIREBON

FAISHAL FAHMY, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII MTs INTIBAHUSYSYUBBAN UJUNGSEMI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FAISHAL FAHMY_59451065_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

FAISHAL FAHMY: Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem SolvingTerhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII MTs Intibahusysyubban Ujungsemi Kabupaten Cirebon Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu hal yang penting yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Selama ini guru hanya mengutamakan kemampuan logis dan menghitung sehingga kreativitas dianggap bukanlah sesuatu yang penting dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran Problem Solving merupakan metode pembelajaran yang memberikan keleluasaan berpikir secara aktif yang berpusat pada keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreativitas yang mana dapat membuat siswa lebih berhati-hati dalam mengenali tahap-tahap yang sesuai dengan proses pemecahan masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Problem Solving, untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII MTs Intibahusysyubban Ujungsemi Cirebon. Metode pembelajaran Problem Solving merupakan suatu cara mengajar dengan menghadapkan siswa kepada suatu masalah agar dipecahkan atau diselesaikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Dengan peran siswa secara aktif untuk ikut berpikir terhadap suatu masalah akan memicu siswa untuk berpikir mencari solusinya secara kreatif. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa MTs Intibahusysyubban Ujungsemi Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 127 siswa, sedangkan sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa 44. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan tes tulis uraian. Hasil penelitian ini didapat 31 siswa atau 70,45 % memberikan respon sangat baik, dan 13 siswa atau 29,55 % memberikan respon baik. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat hubungan linear antara metode pembelajaran Problem Solving dengan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar Ŷ = 1.208 X. Koefisien bernilai positif artinya terdapat hubungan positif antara metode pembelajaran Problem Solving dengan kemampuan berpikir kreatif siswa, semakin tinggi metode pembelajaran Problem Solving maka semakin meningkat kemampuan berpikir kreatifnya. Berdasrkan uji statistik didapat bahwa harga thitung = 17,507 lebih besar dari harga ttabel = 2,020. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs Intibahusysyubban Ujungsemi Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Metode Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:23
Last Modified: 07 Jun 2017 06:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item