PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAM QUIZ (KUIS KELOMPOK) TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT (Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati Kab. Cirebon)

FAKHRUDDIN, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAM QUIZ (KUIS KELOMPOK) TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT (Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FAKHRUDDIN_59451016_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

FAKHRUDDIN. NIM: 59451016. “PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAM QUIZ (KUIS KELOMPOK) TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR SISWA (STUDI EKSPERIMEN KELAS VII SMP NEGERI 2 GUNUNG JATI KAB. CIREBON)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati, Juli 2013. Kreativitas berfikir siswa yang rendah karena sebagian dari mereka kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Siswa hanya mengikuti, menyimak, dan memperhatikan segala apa yang dilakukan gurunya dalam mengajar di depan kelas. Tidak jarang siswa sangat pasif, enggan dan takut untuk mengemukakan pendapat, bahkan ada juga yang merasa kurang mampu dalam mempelajari matematika sebab matematika dianggap mata pelajaran yang sangat sulit. Hal ini terjadi karena kebanyakan guru hanya berperan aktif sendiri menerangkan materi, dan memberi soal latihan secara terus menerus sehingga siswa merasa jenuh terhadap pelajaran matematika. Agar kreativitas berfikir siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran perlu adanya inovasi model pembelajaran. Salah satunya adalah penerapan modifikasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan team quiz (kuis kelompok). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan modifikasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan team quiz (kuis kelompok) dalam pembelajaran matematika, menjelaskan seberapa besar kreativitas berfikir siswa, dan mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan team quiz (kuis kelompok) dalam pembelajaran matematika terhadap kreativitas berfikir siswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu dampak penerapan modifikasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan team quiz (kuis kelompok) adalah dapat meningkatkan kreativitas berfikir siswa. Pembelajaran kooperatif/kelompok inilah yang membuat siswa tidak pasif, namun bisa ikut serta dalam proses pembelajaran, sehingga kreativitas berfikir siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data hasil pengukuran kemudian dianalisis menggunakan rumus uji t-test independent, adapun untuk mengetahui besarnya pengaruh dinyatakan dalam sebuah ukuran Cohens’s d serta untuk melengkapinya peneliti menggunakan uji regresi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran, terdapat perbedaan kreativitas berfikir siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Modifikasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan team quiz (kuis kelompok) memberikan pengaruh lebih baik sebesar 77,06% dibandingkan metode konvensional yang berarti pengaruhnya sedang (medium). Sedangkan sisanya 22,94 % adalah dipengaruhi oleh faktor lain misalnya bahan ajar, media pembelajaran, keadaan lingkungan peran guru dan orang tua, dan lain sebagainya. Kata kunci / keyword : jigsaw, team quiz dan kreativitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:14
Last Modified: 07 Jun 2017 06:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item