PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ESSAY DALAM TES STANDAR UTS MATEMATIKA PADA PROSES EVALUASI KONSEP LINGKARAN KELAS VIII MTs NEGERI KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

Fatmawati, (2013) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ESSAY DALAM TES STANDAR UTS MATEMATIKA PADA PROSES EVALUASI KONSEP LINGKARAN KELAS VIII MTs NEGERI KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FATMAWATI_oK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fatmawati NIM 59451115. “PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ESSAY DALAM TES STANDAR UTS MATEMATIKA PADA PROSES EVALUASI KONSEP LINGKARAN KELAS VIII MTs NEGERI KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2013. Di MTs Negeri Krangkeng diketahui bahwa sejauh ini belum terciptanya tes standar yaitu tes yang handal dalam soal UTS matematika, masih banyak bentuk tes yang belum dikembangkan secara baik sesuai dengan tujuan evaluasi. Pada saat tes, siswa cenderung menebak, berspekulasi, menuliskan langsung hasil akhir dari soal yang diberikan guru tanpa disertai cara yang jelas dan sistematis. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan mengolah jawaban sesuai jalan pikiran siswa sendiri masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pengembangan soalsoal essay dalam tes standar UTS matematika; (2) bagaimana efektivitas pengembangan soal-soal essay dalam tes standar UTS matematika pada proses evaluasi konsep lingkaran; (3) adakah peningkatan hasil belajar matematika siswa dalam pengembangan soal-soal essay tes standar UTS matematika. Evaluasi merupakan proses menganalisis yang dapat dijadikan sebagai alat yang digunakan untuk mengetahui apakah sistem itu baik atau tidak. Tes standar dibuat secara khusus dan cermat untuk memberikan informasi yang akurat tentang prestasi peserta didik. Tes essay dipilih sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk melatih siswa meningkatkan kemampuan menganalisis, dengan tes essay diharapkan mengurangi terjadinya spekulasi atau kecenderungan menebak, karena tes essay dalam banyak hal mempunyai kelebihan, terutama dalam mengukur hasil belajar siswa yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dan lembar validasi. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Krangkeng yang berjumlah 222 siswa. Pengembilan sampel dilakukan dengan sampling purposive yaitu berdasarkan atas pertimbangan tertentu, yaitu kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa. Kemudian 73 siswa sebagai uji coba luas diambil dari 2 kelas sekaligus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari produk I hingga pemakaian II pada Pengembangan Soal-Soal Essay dalam Tes Standar UTS Matematika pada Proses Evaluasi Konsep Lingkaran di MTs Negeri Krangkeng, terlihat sangat signifikan, simpangan baku tes essay meningkat 65,65%, korelasinya meningkat mencapai 29%, dan reliabilitasnya meningkat 22%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan pengembangan soal-soal essay meningkat 13.31%. Kata kunci : tes standar, tes essay, evaluasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:18
Last Modified: 07 Jun 2017 06:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item View Item