PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DIPADUKAN DENGAN CARD SORT TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA

FITRI PURWASIH, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DIPADUKAN DENGAN CARD SORT TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRI PURWASIH (59451117)_OK.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

FITRI PURWASIH : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (59451117) (Numbered Head Together) Dipadukan dengan Card Sort Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Pendidikan di Indonesia masih menganggap siswa yang berprestasi dan cerdas adalah siswa yang mendapatkan nilai bagus dalam bidang akademiknya atau masih melihat dari segi IQnya, sehingga mengabaikan kecerdasan lain seperti kecerdasan interpersonal. Hal ini terlihat di MTsN Cirebon II, ada beberapa siswa yang tergolong cerdas dalam bidang akademik namun siswa tersebut termasuk kategori siswa yang pendiam, jarang berkomunikasi dengan temannya, kurang bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dan mereka lebih suka menyendiri. Dengan kata lain ada beberapa siswa yang cerdas dalam bidang akademiknya namun kurang berinteraksi dengan lingkungannya. Hal ini dikarenakan siswa lemah dalam kecerdasan interpersonalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik model kooperatif tipe NHT dipadukan dengan Card Sort digunakan di MTsN Cirebon II. Kedua yaitu seberapa tinggi tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII di MTsN Cirebon II. Terakhir adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe NHT dipadukan dengan Card Sort terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dipadukan dengan Card Sort merupakan modifikasi metode pembelajaran dengan cara kelompok/kooperatif yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Dalam pembelajaran ini, siswa dilatih untuk bertanggungjawab, percaya terhadap orang lain, berkomunikasi, berempati dan bekerja sama. Dengan demikian membentuk karakter siswa yang peduli terhadap orang lain yang ada di sekelilingnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Cirebon II yang berjumlah 319 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dan diambil satu kelas sampel yaitu VIII E. pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi linear untuk memperoleh suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pengolahan data, penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dipadukan dengan Card Sort tergolong pada kategori cukup baik, hal ini ditunjukan dengan nilai skor keseluruhan hasil skala sebesar 2870 dengan prosentase 79,72%. Untuk kecerdasan interpersonal siswa tergolong kategori cukup tinggi, hal ini ditunjukan dengan skor keseluruhan hasil sekala sebesar 2823 dengan prosentase 78,42%. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu �� � ������ , dengan koefisien determinasi 48,5%, dan hasil analisis menunjukan thitung > ttabel yaitu 5,657 > 2,032, artinya H0 ditolak yaitu ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dipadukan dengan Card Sort terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Card Sort, Kecerdasan interpersonal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:32
Last Modified: 07 Jun 2017 06:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item