Pengaruh Keberadaan Pasar Tradisional Terhadap Kesenjangan Pedagang dampaknya pada Retribusi Pasar(Studi Kasus Di UPTD Pasar Prapatan Kec. Sumberjaya Kab. Majalengka)

Eka Yan Rosmawati, (2015) Pengaruh Keberadaan Pasar Tradisional Terhadap Kesenjangan Pedagang dampaknya pada Retribusi Pasar(Studi Kasus Di UPTD Pasar Prapatan Kec. Sumberjaya Kab. Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EKA YAN (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh penulis di Pasar Tradisional Prapatan di temukan bahwa banyak sekali pengaruh pasar tradisional untuk masyarakat luas. Contohnya saja jika pasar tradisional ini dikelola dengan baik maka memberikan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan hidup para pedagang serta memberikan kontribusi lebih dalam pendapatan asli daerah di Kabupaten Majalengka. Tetapi pada kenyataannya pengaruh pasar tradisional belum bisa berdampak signifikan bagi kesejahteraan pedagang. Serta retribusi pasar yang masih belum terasa oleh para pedagang. Pada fenomena yang terjadi ini, penulis tertarik untuk meneliti tentangpengaruh keberadaan pasar tradidional terhadap kesejahteraan pedagang dampaknya pada retribusi pasar. Dalam hal ini pengelolaan pasar dan peranan pemerintah sangatlah penting untuk meningkatkan eksistensi pasar tradisional, dengan berdirinya pasar modern banyak masyarakat lebih memilih pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pasar tradisional dalam mensejahterakan pedagang dan seberapa besar pasar tradisional dalam memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random sampling dengan jumlah responden 80 pedagang. Data primer yang olah dengan menggunakan uji instrument data, uji asumsi dasar, analiasis regresi sederhana dan uji t. Dari hasil uji regresi secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pasar tradisional prapatan terhadap kesejahteraan pasar, hal ini dikarenakan > yaitu (6,426 > 1,665). Sedangkan taraf signifikansinya 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk kesejahteraan pedagang terhadap retribusi pasar dengan hasil yang sama yaitu > sebesar (6,389 > 1,665), sedangkan taraf signifikansinya 0,000 < 0.05 yang artinya signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan variabel pasar tradisional terhadap retribusi pasar berpengaruh signifikan dengan hasil > , yaitu (6,119 > 1,665) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Pasar Tradisional, Kesejahteraan Pedagang, Retribusi Pasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:47
Last Modified: 12 Jun 2017 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item