PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGENDALIKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Negeri Karangampel)

FITRIA AFRIANI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGENDALIKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Negeri Karangampel). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRIA AFRIANI_OK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

FITRIA AFRIANI: “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Dengan Mengendalikan Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Negeri Karangampel)” Model pembelajaran kooperatif NHT digunakan dalam rangka untuk mengukur baik tidaknya kegiatan atau proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar siswa berupa kemampuan pemahaman matematika siswa yang menujukkan keberhasilan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar serta keberhasilan siswa dalam mengembangkan kompetensinya dalam kegiatan tersebut. Adanya minat belajar yang dimiliki siswa dapat berdampak pada aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga minat belajar tersebut perlu dikendalikan pengaruhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran matematika siswa kelas VII di MTs Negeri Karangampel, (2) Kemampuan pemahaman matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman siswa setelah dikendalikan oleh minat belajarnya. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest postest control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Karangampel sebanyak 370 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling karena populasinya homogen. Diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan tes dan analisis data menggunakan analisis kovarian (ankova). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat respon positif siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran matematika di MTs Negeri Karangampel, diperoleh skor rata-rata sebesar 72,97 dalam kategori baik, (2) Kemampuan pemahaman matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebesar 36,29 dan nskor rata-rata siswa dengan model pembelajaran konvensional sebesar 32,53, (3) Terdapat pengaruh yang kurang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa dengan mengendalikan minat belajar siswa sebesar 24%. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai F =13.574 dengan nilai sig. 0,000 < 0.05 dan nilai r2 = 0,240 , r = 0,490 dalam kategori sedang serta persamaan regresi Ŷ = 17,314 + 0, 260 X. Kata kunci: NHT, Pemahaman Matematika, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:37
Last Modified: 07 Jun 2017 06:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item