PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN TES STANDAR DENGAN MENGGUNAKAN TES BUATAN GURU DI MAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS

FITRIA APRILIANTI, (2013) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN TES STANDAR DENGAN MENGGUNAKAN TES BUATAN GURU DI MAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS. Post-Doctoral thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRIA APRILIANTI_59451019_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

FITRIA APRILIANTI: Perbandingan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan tes standar dengan menggunakan tes buatan guru di madrasah aliyah negeri (MAN) Rancah Kabupaten Ciamis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa di MAN Rancah motivasi dalam pembelajaran matematika masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya faktor pendorong dalam diri atau faktor luar yang mendukung motivasi. Kuat lemahnya motivasi seseorang akan mempengaruhi keberhasilan belajar, maka motivasi perlu diusahakan terutama yang berasal dari dalam diri maupun dorongan dari luar dengan cara memberi prangsangan berupa perlakuan tes yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan tes standar di MAN Rancah. Untuk mengkaji motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan tes buatan guru di MAN Rancah. Untuk mengkaji perbedaan motivasi belajar matematika siswa antara yang menggunakan tes standar dengan tes buatan guru di MAN Rancah. Tes standar itu merupakan serangkaian tes yang disusun oleh satu tim ahli, atau disusun oleh lembaga yang khusus menyelenggarakan secara professional. Tes buatan guru adalah tes yang disusun sendiri oleh guru yang akan mempergunakan tes tersebut. Tes ini biasanya digunakan untuk ulangan harian, formatif dan ulangan umum. Motivasi belajar matematika yaitu dorongan yang ada di dalam diri siswa ketika melakukan kegiatan belajar seperti ketekunan dalam belajar matematika, ulet dalam menghadapi kesulitan dalam pelajaran matematika, minat terhadap macam-macam masalah, adanya keinginan untuk berprestasi dalam pelajaran matematika dan mandiri dalam belajar sehingga terjadi perubahan tingkah laku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data yaitu angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Rancah dan sebagai sampel adalah siswa kelas X-1 dan X-2 yang masing-masing berjumlah 24 orang dan 26 orang.Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sampling purposive, Sedangkan dalam penentuan penerapan tes peneliti menentukannya dengan cara random. Berdasarkan hasil analisis data, bahwaterdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan tes standar dengan yang menggunakan tes buatan guru di MAN Rancah Kabupaten Ciamis. Hal ini dapat dilihat dari uji Mann-Whitney, dimana nilai Asymp.Sig sebesar 0,018, dimana 0,018 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan tes standar dengan yang menggunakan tes buatan guru. Kata Kunci: Tes standar, Tes Buatan Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:42
Last Modified: 07 Jun 2017 06:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item