PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Eksperimen Di Kelas X MAN Cirebon 1)

Fuad Hidayat, (2013) PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Eksperimen Di Kelas X MAN Cirebon 1). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FUAD HIDAYAT_59450985_tidak bisa di watermark.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Fuad Hidayat. NIM. 59450985: Pengaruh Metode Mind Mapping dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Salah satu standar proses dalam pembelajaran matematika yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM ) adalah belajar untuk berkomunikasi (mathematical communication). Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa dikarenakan belum maksimalnya penggunaan metode mencatat kreatif dan model pembelajaran yang tepat. Metode mencatat kreatif yang dimaksud adalah metode mind mapping, sedangkan model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis, baik secara parsial maupun simultan. Seberapa besar pengaruh metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode mind mapping adalah cara mencatat kreatif terhadap suatu konsep secara keseluruhan, yang dibuat dengan menggunakan garis lengkung, simbol, kata, gambar dan warna sehingga menjadi informasi yang menarik dan mudah diingat. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah pembelajaran berpasangan yang dituntut untuk berpikir terhadap suatu permasalahan kemudian berdiskusi dengan pasangannya dan dilanjutkan dengan membagikan hasil diskusi dengan kelompok yang lain. Komunikasi matematis yang dimaksud adalah kemampuan menyatakan ide matematika dalam bentuk penggunaan kata-kata, gambar, tabel, notasi dan struktur matematika yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Metode yang digunkan yakni eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Penelitian ini mengambil populasi kelas X MAN Cirebon 1 tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 469 siswa. Sementara sampel diperoleh dengan metode cluster random sampling, kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X2 yang terdiri dari 47 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data, maka berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung (1,675) < ttabel (1,679), hal ini berarti metode mind mapping secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Demikian juga dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis, karena thitung (1,349) < ttabel (1,679). Namun, Fhitung (3,236) > Ftabel (3,204) hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara simultan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,353 yang artinya antara variabel bebas (X1 dan X2) dan terikat (Y) memiliki hubungan yang lemah, koefisien determinasi (R square) sebesar 0,125 atau 12,5% artinya besarnya pengaruh metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sebesar 12,5%. Sisanya 87,5% dipengaruhi oleh faktor lain dalam kemampuan komunikasi matematis Kata Kunci: mind mapping, think pair share, komunikasi matematis

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:00
Last Modified: 07 Jun 2017 06:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item