Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurtai Cirebon.

Elsi Lestari, (2015) Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurtai Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ELSI (WM BLM).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Wirausaha merupakan salah satu solusi dalam mengurangi pengangguran di negara ini. Berbagai kegiatan kewirausahaan dapat mendukung masyarakat terutama mahasiswa untuk minat berwirausaha. Tinggi rendahnya minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor pengetahuan, lingkungan, dan motivasi terhadap minat berwirausaha. Variabel independen yang digunakanya itu pengetahuan (X1), lingkungan (X2), dan motivasi (X3). Sedangkan minat berwirausaha sebagai variable dependen (Y).Objek pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon (S1). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random sampling dengan jumlah responden 42 mahasiswa. Data primer diolah dengan menggunakan uji instrument data, uji asumsiklasik, analiasis regresi berganda, dan uji goodness of fit. Dari hasil penelitian secara parsial, terdapat pengaruh positif dan memiliki nilai yang signifikan dari variable pengetahuan terhadap minat berwirausaha dengan nilai > yaitu 2,254 > 2,021. Pada variabel lingkungan memiliki nilai < yaitu 1,807 < 2,021 dan memiliki nilai yang tidak signifikan, hal ini menujukkan variabel lingkungan berpengaruh negative terhadap minat berwirausaha. Kemudian untuk variabel motivasi memiliki nilai > yaitu -2,267 < 2,021 dan memiliki nilai yang signifikan, hal ini menunjukkan variabel motivasi berpengaruh negatif terhadap minat berwirausaha. Namun secara simultan, terdapat pengaruh positif dari variabel pengetahuan, lingkungan dan motivasi terhadap minat berwirausaha dengan hasil > , yaitu 4,477 > 2,62. Besarnya pengaruh variabel pengetahuan, lingkungan, dan motivasi terhadap minat berwirausaha dapat dilihat dari nilai R Square yang terdapat pada tabel model summary, yaitu sebesar 0,261. Artinya pengetahuan, lingkungan, dan motivasi memiliki pengaruh sebesar 26,1% terhadap minat berwirausaha. Kata kunci : Pengetahuan, Lingkungan, Motivasi, Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:01
Last Modified: 12 Jun 2017 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item