PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di kelas VIII MTs Negeri Luragung Kuningan)

UNSPECIFIED (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di kelas VIII MTs Negeri Luragung Kuningan). UNSPECIFIED thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IIS NURAENI HASTUTI (59450986)_OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IIS NURAENI HASTUTI : PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII MTs NEGERI LURAGUNG KUNINGAN) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang masih kesulitan dan memerlukan bimbingan dalam menyelesaikan soal-soal yang bersifat penalaran. Melalui studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MTs Negeri Luragung-Kuningan diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru belum optimal untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Sedangkan kemampuan penalaran matematika memerlukan pembelajaran yang mampu mengakomodasi proses berpikir, bernalar, sikap kritis siswa dan bertanya. Oleh karena itu, guru harus menentukan strategi pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematikanya. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa kelas VIII B MTs Negeri Luragung-Kuningan terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif, seberapa tinggi kemampuan penalaran matematika siswa, serta bagaimana pengaruh strategi pembelajaran generatif terhadap kemampuan penelaran matematika siswa kelas VIII B MTs Negeri Luragung-Kuningan. Strategi pembelajaran generatif besar kemungkinannya dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran ini siswa tidak lagi jadi pendengar, siswa dituntut untuk aktif mengintegrasikan pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik regresi sederhana. Subjek penelitian sebanyak 38 responden, menggunakan teknik cluster random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Instrumen soal sebelum digunakan untuk terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran generatif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,494 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,244 serta persamaan regresinya Y  29,765  0,695X.  Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran generatif memberikan kontribusi sebesar 24,40% terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Kata kunci : Strategi pembelajaran generatif, kemampuan penalaran matematika siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:00
Last Modified: 31 Mar 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item View Item