EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

IMA MINATUL MAULA, (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMA MINATUL MAULA_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IMA MINATUL MAULA: “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika” ` Keterampilan siswa dalam proses memecahkan suatu permasalahan perlu dibangun dan dikembangkan, khususnya proses memecahkan masalah dalam permasalahan pembelajaran matematika untuk dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif antara guru dengan siswa. Dalam hal ini siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak ditemukan pembelajaran yang bersifat konvensional yang sistem penyampaiannya lebih banyak didominasi oleh guru, sedangkan siswa cenderung diam dan secara pasif menerima materi pelajaran. Hal ini dapat berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu model dengan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai. Salah satu model dengan pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi TTW, mengetahui apakah ada pengaruh respon penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi TTW, dan mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi TTW dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi target yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jatiwangi Majalengka tahun ajaran 2013/2014 dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel acak klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 siswa. Hasil penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi TTW mendapat respon positif dari siswa, hal ini terbukti dengan skor angket yang diperoleh yaitu sebesar 84,04%. Dengan adanya respon positif dari siswa ini berarti terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi TTW. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS.16. Hasil analisis tersebut menghasilkan gain rata- rata kelas eksperimen sebesar 27 dan gain rata-rata kelas kontrol adalah 11. Berdasarkan uji statistik dengan uji t independen pada taraf signifikansi α = 5% atau 0,05 diperoleh nilai signifikansi (Sig)= 0,000 dan taraf nyata α = 0,05. Karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata – rata kelas eksperimen dan rata-rata kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:05
Last Modified: 07 Jun 2017 06:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item