PENGARUH GURU DALAM MEMAHAMI PSIKOLOGI ANAK DIDIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP N 1 TENGAH TANI

Imron Rosyadi, (2013) PENGARUH GURU DALAM MEMAHAMI PSIKOLOGI ANAK DIDIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP N 1 TENGAH TANI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMRON ROSYADI_OK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Imron Rosyadi NIM 59451123 Pengaruh Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Didik Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tengah Tani. Matematika sering kali dikatakan pelajaran yang menakutkan dan sulit. Kendala yang dihadapi adalah ketika belajar matematika memerlukan konsentrasi yang ekstra, karena dituntut untuk mengerti seketika itu pula. Pelajaran matematika termasuk salahsatu pelajaran yang tingkat kejenuhannya paling tinggi dari pelajaran-pelajaran lain. Salah satu kesulitan siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika adalah karena guru sibuk menjelaskan materi namun tidak melihat kondisi psikologi siswa.Melihat kondisi tersebut mengindikasikan bahwa aktivitas belajar matematika tentunya masih rendah dan perlu untuk ditingkatkan. Berdasarkan asumsi tersebut, maka diperlukan adanya suatu penerapan strategi pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa mengurangi kejenuhan ketika belajar dengan waktu yang terbatas dan dapat meningkat kan aktivitas belajar matematikanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa ketika guru memahami psikologi anak didik dalam pembelajaran, untuk mengetahui aktivitas belajar matematika siswa setelah guru matematika memahami psikologi anak didik dan untuk mengetahui pengaruh guru dalam memahami psikologi anak didik terhadap aktivitas belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri 1 Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, sedangkan sempel yang diambil adalah siswakelas VIII D sebagai kelas uji coba dan siswakelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah masing-masing 40 siswa. Sempel ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data nya menggunakan angket dan tes. Instrumen yang digunakan terdiridari instrument Skala Likert dan tes pilihan ganda berupa tes ulangan harian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritasregresi, uji koefisienregresi, uji kebaikan model, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa merespon setuju terhadap guru dalam memahami psikologi anak didik ketika pembelajaran dengan persentase sebesar 70,2%. Rata-rata aktivitas belajar matematika siswa yaitu sebesar 65 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Persamaan regresi digunakan untuk memprediksi aktivitas belajar matematika siswa berdasarkan penerapan guru dalam memahami psikologi anak didik ketika pembelajaran adalah Ŷ=7,956 + 0,072

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:17
Last Modified: 07 Jun 2017 07:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item