PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA KERAJINAN GERABAH (Studi Kasus di Desa Sitiwinangun Kec. Jamblang Kab. Cirebon)

Endang Susmawati, (2015) PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA KERAJINAN GERABAH (Studi Kasus di Desa Sitiwinangun Kec. Jamblang Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha kerajinan gerabah yang dulu menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Sitiwinangun dari jumlah penduduk 4994 orang hampir setengahnya menjadi pengrajin gerabah kini banyak ditinggalkan masyarakat. Akhir-akhir ini aktivitas produksi gerabah sudah mulai menurun karena sudah digantikan dengan barang-barang dari plastik maupun logam. Dengan kondisi demikian industri kerajinan gerabah bersaing dengan produk yang terbuat dari plastik buatan Cina. Akankah kerajinan gerabah semakin berkembang atau tersingkir hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang peran Pemerintah Desa terhadap pemberdayaan usaha kerajinan gerabah di Desa Sitiwinagun. Dari latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk mengangkat penelitian tentang “Peran Pemerintah Desa Terhadap Pemberdayaan Usaha Kerajinan Gerabah di Desa Sitiwinangun”. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimana pemberdayaan usaha kerajinan gerabah di Desa Sitiwinangun?, b) bagaimana peran Pemerintah Desa dalam memberdayakan usaha kerajinan gerabah di Desa Sitiwinangun?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan usaha kerajinan gerabah di Desa Sitiwinangun dan untuk mengetahui bagaimana peran Pemerintah Desa dalam memberdayakan usaha kerajinan gerabah di Desa Sitiwinangun. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan teknis pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan pengrajin dalam memberdayakan usaha kerajinan gerabah yaitu dengan mengadakan inovasi produk, penggunaan teknologi pada proses pembakaran, dalam sumber daya manusia dengan pengkaderan melalui pelatihan dan kunjungan kerja pada industri kerajinan gerabah yang sudah maju dibantu oleh Pemerintah Desa dan dinas terkait, pemasaran yang dilakukan pengrajin dengan dititipkan di galeri, penjualan keliling, pameran dan promosi melalui internet dan melalui biro iklan. Adapun peran Pemerintah Desa dalam memberdayakan usaha kerajinan gerabah terlihat pada pemasaran, Pemerintah Desa membantu membuka pasar dengan ikut andil dalam mempromosikan gerabah melalui pameran dan promosi melalui internet, dan dalam lokasi dengan penyediaan galeri sebagai wadah promosi kerajinan gerabah di Desa Sitiwinangun. Kata Kunci: Usaha Gerabah, Pemberdayaan, Pemerintah Desa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:04
Last Modified: 29 Dec 2016 01:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item