KORELASI ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN KREATIVITAS BERFIKIR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON

Innayatul Maula, (2013) KORELASI ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN KREATIVITAS BERFIKIR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
INNAYATUL MAULA_5945112_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Innayatul Maula : NIM 59451124. ‘’KORELASI ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN KREATIVITAS BERFIKIR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON”. SKRIPSI. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Juli 2013. Belajar matematika adalah belajar menghafal rumus..Hal ini dikarenakan siswa yang terbiasa mengingat rumus tanpa mamahami bagaimana konsep materi matematika yang dipelajari. Matematika tidak terlepas dari pengerjaan soal dalam pelatihannya. Hal ini pula yang patut diperhatikan guru bagaimana membuat siswa menjadi lebih mampu memahami matematika dan membuat siswa menjadi tidak cenderung menggunakan cara yang sama atau tidak bervariasi dalam menyelesaikannya. Sebelum memilih metode pembelajaran guru sudah seharusnya memperhatikan kondisi siswa. Dengan memiliki pengetahuan secara umum mengenai berbagai pendekatan dalam pembelajaran matematika, seorang guru akan lebih mudah menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi kegiatan belajar-mengajar serta materi pelajaran yang akan disampaikan. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran seperti pendekatan keterampilan proses diharapkan dapat menggali kemampuan kreativitas berfikir siswa dalam pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penerapan pembelajaran dengan penggunaan pendekatan keterampilan proses di MTs An-Nur Kota Cirebon. Selanjutnya yakni mengetahui adakah perbedaan hasil tes kreativitas berfikir siswa antara kelas yang diberi perlakuan dengan pendekatan keterampilan proses dengan yang tidak menggunakan perlakuan pendekatan ketarampilan proses. Selanjutnya adalah mengetahui adakah korelaasi antara penggunaan pendekatan keterampilan proses dengan kreativitas siswa dalam pelajaran matematika. Pendekatan keterampilan proses adalah proses pembelajaran yang menitikberatkan dan fokus pada siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dalam proses belajar. Siswa diarahkan berperan aktif dalam proses pembelajaran, hal ini diharapkan dapat menggali kemampuan kreativitas berfikir siswa. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yakni variabel bebas (X), penggunaan pendekatan ketrampilan proses dan variabel terikat (Y) kreativitas berfikir siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs An-Nur Kota Cirebon. Teknik penentuan pengambilan jumlah sampel dengan menggunakan aturan cluster sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis membuktikan bahwa pembelajaran dengan penggunaan pendekatan keterampilan proses memiliki hubungan dengan kreativitas berfikir siswa di MTs An-Nur Kota Cirebon. Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi sebesar 70% artinya pendekatan ini memiliki peran kontribusi terhadap kreativitas berfikir siswa dan berdasarkan nilai sig < a, (sig. (0.00) < 5%) dengan koefisien korelasi sebesar 0, 348 dan perhitungan korelasi berdasarkan nilai t hitung dengan membandingkannya dengan t tabeldiperoleh t hitung> t tabel (2,21> 1,688) dan signifikansi 0,037 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat hubungan secara signifikan antara penggunaan pendekatan keterampilan proses dengan kreativitas berfikir siswa. Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Kreativitas Berfikir dan Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:26
Last Modified: 07 Jun 2017 07:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item