PENGARUH PENERAPAN MEDIA BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CD-M (COMPACT DISC OF MATH) MELALUI METODE STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Susukan)

ISTIKOMAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CD-M (COMPACT DISC OF MATH) MELALUI METODE STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Susukan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH_59451071_ok.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ISTIKOMAH: Pengaruh Penerapan Media Bahan Ajar Matematika Berbasis CD-M (Compact Disk Of Math) Melalui Metode Student Team Heroic Leadership Terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Susukan). Masalah yang sangat menonjol dari pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kualitas dan kuantitas mutu pendidikan salah satunnya adalah pendidikan matematika dimana pada umumnya minat belajar para siswa yang belum terangsang dengan baik sehingga masih perlunya usaha untuk meningkat minat belajar matematika siswa. Untuk memberikan minat dan motivasi kepada siswa dalam belajar matematika, diperlukan pelengkap berupa media pembelajaran, salah satu jenis media adalah Compact Disc Of Math (CD-M) dimana CD-M adalah pengembangan dari media power point sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji minat siswa dalam belajar matematika dengan penerapan media bahan ajar matematika berbasis CDM melalui metode Student Team Heroic Leadership, (2) Untuk mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan media bahan ajar matematika berbasis CD-M melalui metode Student Team Heroic Leadership, (3) Untuk mengkaji apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan media bahan ajar matematika berbasis CD-M melalui metode Student Team Heroic Leadership terhadap minat belajar matematika siswa. Secara khusus CD-M didefinisikan sebagai modul tutorial yang berupa rangkuman materi dari buku dan berbagai sumber, contoh soal dan penyelesaiannya serta soal latihan yang disajikan dalam bentuk dokumen hidup (animasi). Penerapan media saharusnya dilakukan sejak dini sehingga minat belajar siswa mampu terangsang dengan baik dan output nya akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Susukan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 4 kelas dengan 137 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Sampling yang mana untuk menentukan sampel bila obyek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas. Kelas yang terpilih yaitu siswa kelas X-A yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji regresi dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rerata penerapan media berbasis CD-M sebesar 75,47 dan nilai rerata minat belajar siswa terhadap penerapan media berbasis CD-M sebesar 81,30. Sedangkan untuk uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 3,183 sedangkan ttabel = 1,701 pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%). Dengan demikian dapat dilihat bahwa thitung ≥ ttabel maka berdasarkan kriteria uji hipotesis maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bawa ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media bahan ajar matematika berbasis CD-M melalui metode student team heroic leadership terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Susukan, dan besarnya pengaruh penerapan CD-M terhadap minat belajar siswa adalah 26,6. Kata Kunci: Media, CD-M (Compact Disk Of Math), Minat Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:52
Last Modified: 07 Jun 2017 06:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item