Strategi BMT-Al Falah Kab. Cirebon dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah

Enden Khairunnisa Ulfah, (2015) Strategi BMT-Al Falah Kab. Cirebon dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ENDEN KHAIRUNNISA ULFAH (WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ENDEN KHAIRUNNISA ULFAH. 14112210203. Strategi BMT Al-Falah Kabupaten Cirebon Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah, 2015 Penelitian ini tentang Strategi BMT Al-Falah Kabupaten Sumber dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah. Alasan mengapa diteliti, karena diantara BMT yang sudah terbukti mampu memberikan kontribusi dan terlibat langsung terhadap ekonomi masyarakat kecil menengah adalah BMT Al-Falah khususnya di Wilayah Cirebon. Keberadaannya sangat membantu dalam meningkatkan dan mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitar Wilayah Cirebon kabupaten dan kota. Berdasarkan alasan di atas peneliti berasumsi bahwasannya strategi BMT Al-Falah dalam hal pemberdayaan UKM adalah bagus, karena itu peneliti berkeinginan untuk mengetahui bagaimana aplikasi strategi pemberdayaan UKM dan bentuk program pemberdayaan BMT Al-Falah sehingga menjadi sebuah program yang mampu mewujudkan kesejahteraan umat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan pada kondisi objek yang alami, dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi (gabungan), analisis data bersifat kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pemberdayaan bukanlah program yang dapat dilaksanakan dalam jangka waktu singkat atau bersifat temporer. Pemberdayaan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan terus mengembangkan jenis-jenis kegiatan yang paling tepat untuk suatu komunitas. Strategi pemberdayaan UKM melalui pendanaan, pengajian (ruhaniah), pembinaan, dan pelatihan yang dimiliki BMT Al-Falah masih dalam pembelajaran. Strategi pemberdayaan UKM BMT Al-Falah sudah di katakan baik, karena dalam program pemberdayaannya tidak hanya melalui pendanaan saja melainkan dengan pendampingan, pembinaan dan pelatihan yang professional (ahli) dan terampil. Keberhasilan BMT Al-Falah dalam mengemban amanat dan melaksanakan strategi pemberdayaan UKM merupakan visi, misi dan tujuan BMT tidak terlepas dari campur tangan dan dukungan semua pihak yang berkepentingan, seperti: dukungan dari pemerintah, kerjasama antar lembaga, dukungan masyarakat, partisipasi masyarakat, pedoman SOP dan SPP. Strategi BMT Al-Falah terdapat hubungan yang positif dalam pemberdayaan usaha kecil menengah, akan tetapi tentunya kerja sama antara pihak BMT dan anggota harus lebih ditingkatkan kembali agar tercapai hasil yang optimal dan lebih baik. Dampak dari pemberdayaan UKM belum terlihat secara signifikan namun sudah banyak manfaat-manfaat yang dirasakan oleh anggota binaan, seperti peningkatan pengetahuan teknis, perbaikan manajemen, pengembangan kewirausahaan, dan pengembangan ekonomi. Kata Kunci : UKM, strategi, pemberdayaan, program

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:09
Last Modified: 12 Jun 2017 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item