PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BERORIENTASI DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs DU PUI Ranji Kab. Majalengka)

KHOROTUN AYUNI, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BERORIENTASI DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs DU PUI Ranji Kab. Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHOROTUN AYUNI_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KHOROTUN AYUNI : “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry (59451023) Berorientasi Discovery terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Study Eksperimen di Kelas VII MTs DU PUI Ranji Kab. Majalengka)”. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, seorang guru sangat berperan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat aktif dan memiliki hasil belajar yang baik. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berperan aktif yaitu metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika mereka. Metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery dengan prosses belajar secara kelompok yang terdiri dari 4 sampai 6 sisswa dalam 1 kelompok, kemudian guru memberikan pertanyaan yang menjadi masalah dalam pembelajaran dan menjelaskan prosedur pelaksanaan, selanjutnya siswa mengumpulkan data atau informasi tentang peristiwa/masalah yang telah mereka lihat atau alami, kemudian siswa melakukan eksperimentasi dan menganalisisnya, kmudian merumuskan kesimpulan bersama-sama dengan guru. Dengan begitu diharapkan kemampuan koneksi matematika mereka akan meningkat. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui seberapa besar kemampuan koneksi matematika siswa terhadap hasil belajar. 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery di kelas VII MTs DU PUI Ranji Kab. Majalengka. 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs DU PUI Ranji Kab. Majalengka yang berjumlah 110 siswa dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VII A yang berjumlah 32 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian berupa eksperimen. Validitas tes dengan menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian diperoleh datanya normal, homogen, dan linear, dengan rata-rata nilai angket sebesar 73,875, sedangkan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa sebesar 75,24. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan =0,05, diperoleh bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery terhadap kemampuan koneksi matematika siswa dengan koefisien determinasi sebesar 56%, sedangkan sisanya sebesar 44% ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi Y=57,241+0,235X, dari persamaan tersebut koefisien regresi sebesar 0,235 menyatakan bahwa setiap penerapan metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery akan mempengaruhi peningkatan kemampuan koneksisi matematika siswa sebesar 0,235. Korelasi rxy sebesar 0,69 dalam kategori tinggi artinya metode pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery saling berhubungan (korelasi) terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inquiry Berorientasi Discovery, Kemampuan Koneksi Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 04:03
Last Modified: 07 Jun 2017 07:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item