EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

KUSMANA, (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KUSMANA_OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

KUSMANA: “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Humanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa”. Mata pelajaran matematika yang diajarkan guru kepada siswa di sekolah untuk membantu siswa agar tertata nalarnya, terbentuk kepribadiaanya serta terampil menggunakan matematika dan penalarannya dalam kehidupannya kelak. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran nilai dengan wahana matematika yang memanusiakan manusia perlu dikembangkan. Dalam dunia pendidikan, karakter akhir-akhir ini menjadi suatu tema yang terus diperbincangkan, langkah-langkah pembelajaran yang efektif untuk menanamkan karakter kepada peserta didik dalam proses pembelajarannya terus digalakan. Hal inilah yang kemudian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran matematika melalui pendekatan humanistik, yang diharapakan pembelajaran matematika melalui pendekatan humanistik ini dapat membentuk karakter siswa dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan humanistik, mengetahui seberapa tinggi tingkat kedisiplinan belajar siswa, serta mengkaji efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan humanistik terhadap disiplin belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lebakwangi. Populasi dalam penelitian ini secara keseluruhan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan, sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive atau disebut juga sampling pertimbangan yaitu penarikan sampel yang dilakukan berdasarkan pertimbangan perorangan atau peneliti. Berdasarkan pengarahan dari Bapak Jojo Johari sebagai guru mata pelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi, dengan berbagai pertimbangan sampel yang dipilih yaitu kelas VII H yang berjumlah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket/kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh, respon siswa terhadap pembelajaran matematika termasuk dalam kategori baik, yaitu diperoleh skor rata-rata angketnya sebesar 82% kemudian untuk rata-rata hasil kedisiplinan belajar dalam kelas konvensional sebesar 53,75% dan rata-rata hasil kedisiplinan belajar dalam kelas humanistik sebesar 79,50%. Berdasarkan hasil analisis data, didapat persamaan regresi dengan variabel dummy Ŷ = 36,50 + 0,451

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 06:41
Last Modified: 08 Jun 2017 01:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item